Canggih, Pemdes Sebukar Terapkan Absensi Online Berbasis Android GPS

551

SUARA KERINCI – Menindaklanjuti instruksi Bupati Kerinci, tentang perangkat Desa harus masuk kantor selama 37 jam per minggu, membuat Kepala Desa Sebukar Syukran, S.Pd.I langsung bergerak cepat.

Tak tanggung-tanggung, baru saja dilantik Kepala Desa yang telah menerapkan pelayanan berbasis online untuk administrasi surat menyurat tersebut, langsung menegaskan akan menerapkan absensi online berbasis android GPS.

Hal itu diungkapkannya, usai pelaksanaan launching Website dan penyerahan SK Tim Penyusunan RPJMDes Sebukar, Rabu (18/03/2020) di Desa Sebukar.

Kades yang dikenal energik ini menyebutkan, dalam waktu singkat ini Pemdes Sebukar dipastikan sudah menggunakan absensi berbasis android yang diatur dengan GPS. Dengan absensi online berbasis android ini, kehadiran Perangkat Desa bisa dipantau dari foto yang harus berlatar belakang di kantor dan melalui GPS bisa dideteksi bahwa yang mengisi absen benar-benar di kantor dan real time.

“Tentu akan dilengkapi fitur capture wajah, sehingga validasi kehadiran tidak bisa dititipkan kepada pegawai lainnya,” tegas Kades Sebukar ini.

Syukran menambahkan, dengan sistem absensi ini data real-time dipastikan akurat, berbeda dengan sistem manual, aplikasi absensi online mencatat kehadiran perangkat desa secara real-time, sehingga memudahkan seandainya membutuhkan data saat itu juga sebagai bahan pengambilan keputusan.

“Intinya tidak ada lagi perangkat desa yang menganggap tugas sebagai perangkat desa adalah pekerjaan sampingan, kita sudah diberikan penghasilan tetap, jadi kita memang harus bekerja memberikan yang terbaik untuk masyarakat, kita diatur dengan target pekerjaan, kita juga diatur dengan jam kerja,” pungkasnya. (ndy)

 

Silahkan Komentar nya Tentang Berita Ini