Kades Baru Semerah Vidio Conference dengan Menteri Desa Terkait Covid-19

SUARA KERINCI – Kepala Desa Baru Semerah, Edi Januar, S.PdI, M.Pd, Rabu (15/4/2020) pagi melakukan video conference dengan Menteri Desa RI, Abdullah Halim Iskandar. Kegiatan ini dilaksanakan untuk membahas masalah penanganan Covid-19 yang saat ini sedang melanda Indonesia.

“Ya, pagi tadi kita sudah melaksanakan vidio conference dengan Menteri Desa,” kata Edi Januar.

Dihadapan Menteri Desa, Kepala Desa Baru Semerah menyampaikan sejumlah upaya yang sudah dilakukan oleh desanya, dalam penanganan Covid 19.

Baca Juga :  Canggih, Pemdes Sebukar Terapkan Absensi Online Berbasis Android GPS

Diantaranya membagikan masker kepada masyarakat, hand sanitizer, tempat cuci tangan, dan pengukuran suhu tubuh. Semua itu dilakukan secara gratis yang didanai oleh dana desa.

“Kita juga menyediakan ruang isolasi di desa, jika suatu saat ruang isolasi di rumah sakit tidak mampu lagi menampung pasien,” sebutnya.

Kades yang baru beberapa pekan dilantik ini mengaku, sudah membentu relawan gugus tugas di tingkat desa hingga ke tingkat RT.

“Kita melibatkan semua elemen masyarakat, mulai bidan desa, Babinkamtibmas, Babinsa, Karang Taruta, dan elemen masyarakat lainnya,” beber Edi.

Baca Juga :  Pasien ISPA di Puskesmas Depati Tujuh Kerinci Meningkat Seratus Persen

Video konference ini, melibatkan sejumlah Kepala desa dan Relawan tugas di tingkat desa se Indonesia. Di mana Desa Baru Semerah mewakili desa-desa di Provinsi Jambi.

Difasilitasi Pendamping Desa Kabupaten Kerinci, Menteri Desa dan PDT RI juga langsung memberikan arahan dan mendengarkan laporan kesiapan relawan gugus tugas yang ada di desa.

Heri Kiswanto, TA (Tenaga Ahli) Pelayanan Sosial Dasar Kabupaten Kerinci, saat mendampingi kepala desa melaksanakan vidio conference, menghimbau kepada seluruh desa yang ada di Kabupaten Kerinci untuk melaksanakan Pencegahan Covid-19.

Baca Juga :  Arbain Siap Melanjutkan Pengabdiannya dan Melayani Masyarakat Air Teluh

“Terima kasih kepala Pak Mentri Desa telah berkomunikasi melalui video comfrence dengan Kami dan Kepala desa yang ada di Kerinci Provinsi Jambi,” Katanya.

Selain melakukan upaya pencegahan, ke depan dia berharap semua desa bisa menyiapkan ruang isolasi, lengkap dengan fasilitas dan tenaga relawannya. (ndy)

Komentar