oleh

AR LEARNING CENTER BUKA KELAS CERTIFIED DIGITAL MARKETING SEBAGAI WADAH BELAJAR PEMASARAN DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19

OLEH: NANIK ISTIANINGSIH, S.E., M.E., C.LMA., C.PR

SUARA ARTIKEL – Revolusi Industri 4.0 telah mencanangkan era digitalisasi, dimana semua kegiatan manusia tidak bisa terlepas dari digital. Era ini telah menggerus banyak bisnis yang dilakukan secara tradisional dan membawa perubahan lahirnya industry-industri baru berbasis digital. Tidak cukup hanya itu munculnya pandemic Covid di tahun 2019 dan puncak pandemic ditahun 2020 ini ikut membawa perubahan terhadap kebiasaan manusia.

Himbauan pemerintah untuk mematuhi protocol kesehatan agar memutus rantai penularan Covid-19 yaitu untuk melakukan Fisical Distancing juga berdampak pada penurunan omset sejumlah bisnis akibat dilarang berkumpul dan menjaga jarak. Bisnis dituntut untuk melakukan perubahan terutama pada pemasaran, dimana bisnis tidak lagi dapat mengandalkan penjualan secara langsung (direct selling) tetapi harus mulai bergerak mengandalkan digital untuk melakukan pemasaran.

Digital Marketing atau pemasaran dengan menggunakan digital bukan semata-mata hanya melakukan penjualan tetapi lebih dari itu bisnis dapat memanfaatkan konten bisnis untuk menggapai hati konsumen agar tertarik kepada produk yang dijual, bahkan mau berbagi konten kepada orang lain dan mampu mempengaruhi orang lain untuk ikut merasakan produk yang dijual. Digital marketing dianggap sebagai suatu solusi meningkatkan pendapatan pada era pandemic Covid-19 saat ini karena mampu menjangkau konsumen tanpa batas dan dengan biaya yang efisien.

AR Learning Center adalah sebuah lembaga bersertifikat nasional sebagai pusat pembelajaran, pendidikan dan pengkaderan baru-baru ini melaksanakan sebuah training Kelas Certified Digital Marketing yang diikuti oleh beberapa peserta dari beberapa provinsi di Indonesia. Kegiatan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari sejak tanggal 24 sampai dengan 26 Desember 2020 secara virtual melalui WAG dan Google Meet. Materi tentang Digital Marketing disampaikan sebagai pembuka wawasan peserta tentang bagaimana pentingnya Digital Marketing bagi sebuah bisnis serta bagaimana agar sebuah konten bisnis mampu menarik perhatian konsumen. Selain materi peserta diberikan tugas membuat konten bisnis sebagai bentuk aplikasi kegiatan ini.

Pelatihan ini dipimpin langsung oleh Founder AR Learning Center yaitu Coach Andre Hariyanto, C.PS., C.STMI., CF-NLP., C.MST., C.TMM., C.SB., C.PI., C.LMA., C.SLHF., CMT-ALC. Tentu banyak manfaat yang dirasakan oleh peserta dalam mengikuti kegiatan ini. Seperti yang disampaikan Coach Andre, kedepannya diharapkan semoga kegiatan ini lebih baik dalam hal materi pelatihan maupun pelayanan. Coach Andre juga menerima masukan dan saran dari para peserta. (*)

Komentar

Berita Terbaru