oleh

Resmi Sandang Gelar Doktor Berpredikat Cum Laude, Sandiaga Uno Minta Lulusan UPH Jadi Agen Perubahan

SUARA JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno resmi menyandang gelar Doktor Manajemen dengan IPK 3,77.

Dirinya pun didapuk sebagai wisudawan terbaik atau valedictorian berpredikat magna cum laude (Lulus dengan Pujian) di antara 3.149 orang wisudawan dari program Diploma IV, Strata I hingga Strata II dan Strata III tahun akademik 2020-2021.

Dalam kegiatan yang turut dihadiri secara daring oleh para Wakil Rektor, Direktur Eksekutif Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH), Kepala LLDIKTI Wilayah III, perwakilan senat dan guru besar universitas serta orangtua para wisudawan itu, dirinya menyampaikan terima kasih.

Dirinya berharap agar seluruh wisudawan dapat menjadi agen transformasi dan berkontribusi

“Saya ucapkan terima kasih atas semua bimbingan para promotor dan co-promotor, dosen, tenaga kependidikan dan pimpinan selama menjalani perkuliahan serta menyelesaikan penelitian saya,” ungkap Sandiaga Uno dalam Wisuda UPH Tahun Ajaran 2020/2021 secara virtual pada Sabtu (17/7/2021).

“Hingga akhirnya mengantarkan saya pada gelar Doktor dan Sarjana bagi rekan-rekan sejawat wisudawan lainnya pada hari ini, tentunya dengan perjuangan yang luar biasa,” lanjutnya.

Rasa syukur yang tak terhingga pun dipanjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa.

Sebab dirinya mengaku tidak pernah membayangkan bisa menamatkan Program Doktor Manajemen yang dipilihnya sejak tahun 2016 lalu.

Alasannya karena diakui jalan panjang berliku telah dirasakan sejak awal perkuliahan, termasuk mengajukan cuti selama dua semester dikarenakan tugas pada tahun 2018-2019.

“Kemudian, saya kembali lagi di tahun 2020, dan alhamdulillah dapat menyelesaikan perkuliahan tersebut dengan total waktu perkuliahan menjadi 10 semester karena jalannya yang sangat berliku,” ujarnya.

Atas pencapaian tersebut, ucapan terima kasih pun disampaikan Sandiaga Uno kepada orangtua serta seluruh pihak yang membantu dalam mewujudkan mimpi dan masa depan.

Terlebih di tengah masa pandemi covid-19 yang penuh tantangan, seluruh pihak masih diberi kesehatan dan bisa menghadiri wisuda secara daring dengan tema ‘Grow and Go’.

Tema tersebut diungkapkannya seirama dengan disertasinya yang berjudul ‘The Effect of Entrepreneurial Values (EV) and Entrepreneurial Orientation (EO) on the
Financial Performance and Their Impacts on Future Intention: An Empirical Evidence From Indonesia State – Owned Enterprise’.

Dirinya mengambil sebanyak 81 perusahaan induk BUMN sebagai sampel penelitian untuk menguji peranan Entrepreneurial Values (EV) terhadap Entrepreneurial Orientation (EO) dengan berlandaskan teori dari Schwartz.

“Penelitian saya, menguji teori bahwa dalam proses transformasi BUMN, diperlukan pemimpin yang memiliki akhlak, loyalitas, dan teamwork,” papar Sandiaga Uno.

“Apabila hal ini juga diterapkan oleh kita selaku lulusan UPH, tentunya akan mendorong adanya intensi berkolaborasi dan pembangunan berkelanjutan yang sejalan dengan kebutuhan bangsa ini,” tambahnya.

Sejurus dengan Sandiaga Uno, Rektor UPH Dr. (Hon) Jonathan L. Parapak, M.Eng., Sc,  berharap para wisudawan-wisudawati UPH, dapat menjadi ‘agent of transformation’.

Mereka yang menerangi dan membawa pengharapan di tengah dunia yang penuh tantangan dan perubahan yang cepat di era revolusi industri 4.0.

“Bangsa Indonesia membutuhkan pemimpin-pemimpin dengan karakter yang berkualitas, pemimpin yang memiliki integritas tinggi, dan cerdas dalam menghadapi berbagai tantangan,” ungkap Jonathan.

“Maka UPH mengutus Anda, para wisudawan/ wisudawati sebagai duta/ ambassador untuk membawa perubahan dan perbaikan bagi masyarakat dengan terus menjiwai dan mengemban Visi UPH, yakni: pengetahuan sejati, iman kepada Kristus, dan karakter mulia,” jelasnya. (SBS)

Komentar

Berita Terbaru