oleh

Pemrov Jambi Memfasilitasi Penyerahan Aset P3D Kabupaten Kerinci kepada Kota Sungai Penuh

SUARA JAMBI – Pj Gubernur Jambi, Dr. Hari Nur Cahya Murni., M.Si yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi H. Sudirman, SH., MH mengemukakan, Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi, dia sangat mengapresiasi penyerahan aset dari Pemerintah Kabupaten Kerinci kepada Pemerintah Kota Sungai Penuh. Penyerahan aset ini juga menunjukkan kepatuhan kita terhadap peraturan perundang-undangan tentang penatausahaan aset.

Hal demikian dikemukakan Sekda saat Serah Terima Aset Personil Pembiayaan sarana Prasarana dan Dokumen (P3D) antara Pemerintah Kabupaten Kerinci dan Pemerintah Kota Sungai Penuh dan Penandatanganan pinjam pakai aset, Jumat (18/06/2021) bertempat di Gedung Nasional Sungai Penuh.

Dikatakan sekda, sebelumnya Pemerintah Provinsi Jambi sudah beberapa kali melakukan rangkaian proses mediasi dan pendampingan untuk mendorong penyelesaian serah terima aset P3D tersebut, agar dilakukan dari pemerintah Kabupaten Kerinci kepada Pemerintah Kota Sungai Penuh sesuai peraturan perundang-undangan.

Berdasarkan surat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia Nomor B/3491/KSP.00/70-72/06/2021 Tanggal 9 juni 2021 Prihal tindak lanjut Penandatanganan berita acara serah terima asset P3D oleh Pemerintah Kabupaten Kerinci kepada Pemerintah Kota Sungai Penuh.

“Penyerahan aset dari Pemerintah Kabupaten Kerinci kepada Pemerintah Kota Sungai Penuh ini merupakan buah dari upaya yang kita tempuh dalam proses yang panjang dan dalam waktu yang lama, yang kita lakukan secara bersama-sama, dimana pada akhirnya kita bersepakat untuk melakukan penyerahan aset dari Pemerintah Kabupaten Kerinci kepada Pemerintah Kota Sungai Penuh,” kata Sekda.

Sekda mengapresiasi, jiwa besar Bupati Kerinci Adi Rozal berserta Wakil Bupati Kertinci Ami Taher, sekda Kerinci Asraf berserta OPD terkait Kerinci dan Jiwa besar Walikota Sungai Penuh Asafri Jaya Bakri dan Wakil Walikota Sungai penuh Zulpahmi, Pj Sekda Kota sungai Penuh Alpian berserta OPD terkait Kota Sungai Penuh  atas kebersamaan keinginan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya mengapresiasi seluruh tahapan dalam penyerahan aset dari Pemerintah Kabupaten Kerinci kepada Pemerintah Kota Sungai Penuh. Secara khusus, saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kerinci Dr. H. Adirozal dan Wali Kota Sungai Penuh Prof. Dr. H. Asafri Jaya Bakri yang telah sepakat untuk melakukan serah terima aset ini. Penyerahan aset ini merupakan tindak lanjut dari acara di KPK RI pada tanggal 15 April 2021, dimana Bupati Kerinci dan Wali Kota Sungai Penuh menandatangani Berita Acara Serah Terima Aset Milik Pemerintah Kabupaten Kerinci kepada Pemerintah Kota Sungai Penuh, di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia, disaksikan oleh Pj. Gubernur Jambi, Direktur Penataan Daerah Otsus dan DPOD Kementerian Dalam Negeri Drs. Maddaremmeng., M.Si, dan Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK Herry Muryanto. Dalam berita acara itu dinyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Kerinci bisa meminjam pakai dari Pemerintah Kota Sungai Penuh, dan penyerahan fisik akan dilaksanakan paling lambat tanggal 21 Juni 2021,” sambung Sekda.

Lebih lanjut, Sekda menjelaskan, pada hari ini Jumat (18/06) barokah, bisa diserahkan aset Kabupaten Kerinci kepada Kota Sungai Penuh dengan penuh keikhlasan serta dibarengi pinjam pakai beberapa gedung yang masih di butuhkan oleh Kabupaten Kerinci.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi, saya sangat mengapresiasi penyerahan aset dari Pemerintah Kabupaten Kerinci kepada Pemerintah Kota Sungai Penuh. Penyerahan aset ini juga menunjukkan kepatuhan kita terhadap peraturan perundang-undangan tentang penatausahaan aset. Aset yang akan diserahkan: 1. 96 persil aset tanah Kabupaten Kerinci beserta bangunan di atasnya, yang berada dalam wilayah Kota Sungai Penuh dapat diidentifikasi dan tercatat dalam KIB (Kartu Inventaris Barang). 2. 11 persil aset tanah beserta bangunan di atasnya yang tidak tercatat dalam KIB A Kabupaten Kerinci yang berada dalam wilayah Kota Sungai Penuh. 3. 20 Aset Tanah (KIB A) lainnya beserta bangunan di atasnya,” lanjut Sekda.

Lebih lanjut, Sekda juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian Dalam Negeri dan KPR RI yang telah melakukan fasilitasi dalam penyelesaian urusan aset ini, sehingga pada hari ini bisa melaksanakan penyerahan aset dari Pemerintah Kabupaten Kerinci kepada Pemerintah Kota Sungai Penuh.

“Saya minta agar seluruh aset negara ini, yang dalam hal ini penatausahaannya atas nama Pemerintah Kota Sungai Penuh, dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menunjang penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pelayanan publik dengan baik, serta agar semua aset tersebut dipelihara/dirawat dengan sebaik-baiknya, dengan berpedoman pada regulasi dan ketentuan yang berlaku,” ucap Sekda.

“Saya berharap, hubungan baik Pemerintah Kabupaten Kerinci dengan Pemerintah Kota Sungai Penuh tetap terjaga dengan baik pula, bahkan bisa meningkatkan kerjasama untuk mendorong kemajuan Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh, yang akan berkontribusi terhadap kemajuan Provinsi Jambi dan nasional,” pungkas Sekda. (SBS)

Komentar

Berita Terbaru