Pembukaan MTQ Ke-VI Tingkat Kecamatan Muko-Muko Bathin VII Dihadiri Bupati dan Wabup

SUARA BUNGO –Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qu’ran (MTQ) ke-VI Tingkat Kecamatan Muko-muko Bathin VII berlangsung sukses dan meriah, yang diselenggarakan dilapangan Dusun Suka Jaya, Selasa (25/06/2019).

Rio Dusun Suka Jaya, Yanni Arfis saat sambutan

Adapun sebelum pembukaan MTQ tingkat Kecamatan ini, pada sore harinya diawali dengan pelaksanaan Pawai Ta’aruf yang diikuti oleh seluruh kafilah perwakilan dusun yang ada di Kecamatan Muko-muko Bathin VII, Kabupaten Bungo.

Camat Muko-Muko Bathin VII melantik Panitera dan dewan Hakim

Berbagai persembahan dari setiap Dusun ditampilkan, dari mulai Rebana hingga kesenian tradisional Cincang Bumbu yang sudah pernah ditampilkan di televisi swasta juga ditampilkan saat pawai ta’aruf tersebut.

Sekdus Tanjung Agung, Parizal menyerahkan piala bergilir kepada camat Muko-Muko Bathin VII

Pembukaan MTQ ini juga dihadiri oleh Bupati Bungo, H. Mashuri dan Wakil Bupati Bungo Safrudin Dwi Apriyanto, Setda Bungo, H. Ridwan Is, kepala OPD, Camat, seluruh Rio se-kecamatan Muko-muko Bathin VII, Kafilah dan para tamu Undangan lainnya.

Baca Juga :  Pembukaan MTQ Ke-II Tingkat Kecamatan Tebo Ulu Berlangsung Sukses

Saat sambutan, Rio Dusun Suka Jaya, Yanni Arfis mengatakan, melalui pelaksanaan MTQ ini diharapkan bisa menumbuh kembangkan pemahaman dan pengamatan isi kandungan Al-Qur’an serta menjauhkan dari kemaksiatan.

“Terima kasih kepada bapak Bupati dan Wabup beserta rombongan yang telah sempat hadir dalam pembukaan MTQ yang dilaksanakan di Dusun Suka Jaya ini. Dan terimakasih juga kepada semua panitia yang telah bekerja keras hingga MTQ ini bisa terlaksana dengan meriah,” ungkap Yanni Arfis, Rio Suka Jaya.

Dalam MTQ kali ini, diikuti 272 kafilah yang di kirim dari perwakilan semua dusun di Kecamatan Muko-Muko Bathin VII. Adapun kategori perlombaan yang akan diperlombakan yaitu, Tartil Qur’an, Hafis 1 Juz, Hafis 5 Juz, Hafis 10 Juz, Khat Qur’an, Syahril Qur’an, Barzanji Marhaban, serta Penyelenggara Jenazah.

Baca Juga :  Jambore Ranting Kwaran Muko-Muko Berlangsung Meriah dan Sukses

“Mari kita jadikan MTQ ini sebagai motivasi dan sarana untuk lebih dekat dan mencintai Al-Qur’an serta dapat mengamalkannya dalam kehidupan kita sehari-hari,” jelas Yanni Arfis.

Kegiatan MTQ tersebut akan berlangsung selama tiga hari, yang secara resmi dibuka oleh Camat Muko-Muko Bathin VII M. Pani.

Dalam sambutannya M. Pani mengucapkan, terimakasihnya kepada seluruh Rio yang telah mengirimkan Kafilah-kafilah terbaiknya untuk turut mengikuti perlombaan di acara MTQ yang diselenggarakan pada saat ini.

“Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Datuk Rio dan perangkat Dusun se-Kecamatan Muko-Muko Bathin VII, yang telah mengirimkan kafilah terbaiknya untuk mengikuti perlombaan ini,“ ucap M. Pani.

Baca Juga :  Dua Tahun Berturut-Turut, Bedaro Juara Umum MTQ Tingkat Kecamatan Muko-Muko Bathin VII

Selanjutnya, Bupati Bungo H Mashuri dalam sambutannya mengatakan, mari bersama sukseskan MTQ ini penuh semangat dan rasa percaya diri.

“Alhamdulillah, tahun ini Kabupaten Bungo juga menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Jambi,” ucap Mashuri.

“Selamat mengikuti MTQ tingkat Kecamatan. Kegiatan seperti ini jangan sampai megah tempatnya saja, akan tetapi harus diimbangi dengan prestasi yang gemilang dari kafilahnya. Bagi kafilah yang berprestasi, maka bisa untuk tampil di MTQ tingkat Provinsi Jambi nantinya,” tambah Bupati Bungo, H. Mashuri.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan MTQ ini, diharapkan bukan hanya sebatas seremonial belaka, akan tetapi dengan dllaksanakan MTQ ini diharapkan benar-benar terwujudnya generasi muda yang berakhlak dan berdaya guna baik untuk diri sendiri maupun untuk org lain,” pungkasnya. (Oni)

Komentar