H. Fachrori : Dengan Bersilahturrahmi Kita Ciptakan Kedamaian Dan Persatuan

SUARA JAMBI – Hari pertama Idul Fitri 1439 H/2018 M, Plt. Gubernur Jambi Dr.Drs. H. Fachrori Umar,M. Hum menggelar halal bihalal dengan pemerintah Kabupaten Batanghari dan Muaro Jambi, kegiatan digelar di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi. Tampak hadir Bupati Muaro Jambi Masnah Busro, Bupati Kabupaten Batanghari Syahirsah, hadir pula Forkompimda serta tokoh agama,tokoh adat kedua Kabupaten, Jum’at (15/6/2018).

Dalam sambutannya, Plt Gubernur Jambi menekankan bahwa pelaksanaan halal bihalal ini senapas dengan makna Idul Fitri itu sendiri yaitu memelihara, mempererat dan meningkatkan silahturahim antara sesama.

“Silahturahim dapat menciptakan kedamaian dan perdamaian, dapat mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. ini berarti pula mengembangkan silaturahim pada gilirannya akan mampu mengantarkan umat untuk hidup sejahtera dalam artian yang sesungguhnya,” ujar Plt. Gubernur Jambi.

Dijelaskan Plt bahwa Forum halal bihalal tentu saja memiliki arti penting dalam upaya untuk keluar dari kondisi kehidupan sosial, ekonomi, politik,budaya yang saat ini cukup memprihatinkan.

“Provinsi Jambi saat ini tengah menggeliat untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas masyarakat dalam era otonomi, sekarang ini kita berpacu dengan daerah-daerah lain untuk mengembangkan potensi yang kita miliki bagi peningkatan kesejahteraan rakyat dimasa datang,” jelasnya.

Plt Gubernur Jambi juga mengajak Pemerintah Kabupaten/Kota untuk saling bahu membahu dengan Pemerintah Provinsi demi memelihara suasana yang kondusif dalam mendorong kehidupan bermasyarakat dan berbangsa yang lebih demokratis, berpegang teguh kepada semangat persatuan dan kesatuan bangsa, agar senantiasa selalu memelihara persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Sementara itu sebelumnya perwakilan pemerintah Kabupaten, Bupati Batanghari, Syahirsah dalam sambutannya menyatakan apresiasinya kepada Pemerintah Provinsi Jambi yang telah memberikan kesempatan untuk bertemu dan bersilahturahmi.

“Kami merasa sangat terhormat, bahwa kedua Kabupaten diberikan kesempatan untuk bersilahturahmi untuk saling memaafkan, dan kami laporkan bahwa selama arus mudik tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, semua tertib dan lancar berdasarkan pertemuan tiga pilar pemerintahan Kabupaten secara bersama berkomitmen mencegah terjadinya tindakan terorisme di Kabupaten kami, jangan sampai terjadi seperti di Daerah lain,” pungkasnya. (sbs/hms)