Diduga Dinas LH Bungo Tutupi Nama Perusahaan PT. SJA Saat Uji Lab di Dinas LH Jambi

SUARA BUNGO – Menanggapi Hasil pemeriksaan Laboratorium limbah sawit PT. SJA (Sawit Jujuhan Abadi) yang diduga sudah 2 tahun lebih membuang limbah ke sungai Batang Jujuhan, Kabupaten Bungo, pihak dari laboratorium Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jambi seolah-olah terkesan menutupi hasil dari tes sampel limbah tersebut.

Pasalnya, sampel limbah yang dikirimkan sepekan lalu oleh pihak dari DLH Kabupaten Bungo yang diambil langsung oleh mereka dari sungai Batang Jujuhan yang bisa membahayakan terhadap manusia dan hewan yang hidup dilingkungan tersebut, membuat banyak pertanyaan dari kalangan.

Saat ditanya, pihak dari laboratorium DLH Provinsi Jambi tidak mengetahui sampel limbah tersebut berasal dari PT mana. Mereka mengatakan bahwa mereka wajib menutupi hasil dari tes sampel limbah tersebut.

“Kami tidak bisa memberikan hasil lab dari perusahaan yang bersangkutan ini, karena itu sudah aturan disini, kalau kalian mau tau hasil tes sampelnya, silahkan kalian tanyakan langsung kepada pihak DLH Bungo, karena merekalah yang punya kewenangan untuk memberikan hasil dari uji lab tersebut,” ujar Nora, salah satu pegawai Laboratorium DLH Provinsi Jambi, Selasa (18/9/2018).

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bungo, Ir. Prasetyo saat dikonfirmasi awak media melalui via telepon seluler mengatakan, bahwa hasil tes Lab tersebut masih dijemput ke Jambi, dan masalah data pihaknya juga sudah memberikan data sampel tersebut ke Laboratorium Dinas LH Provinsi Jambi.

“Beberapa pekan lalu, saya sudah menugaskan putugas DLH Bungo untuk mengantarkan bukti sampel limbah PT. SJA ke Laboratorium Provinsi Jambi. Sekarang anggota kami lagi jemput hasil lab itu ke Dinas LH Provinsi Jambi,” pungkasnya. (Oni)