BTN Lintas Asri Langganan Banjir Air Berlumpur, Warga Sebut Perumahan KBPC dan Aziziah Penyebabnya

SUARA BUNGO – Sudah berulang kali masyarakat BTN Lintas Asri, Kelurahan Sungai Kerjan, Kecamatan Bungo Dani dilanda banjir Air berlumpur kuning mendadak usai diguyur hujan. Ini semua dampak dari saluran pembuangan air dari perumahan PT. KBPC dan Aziziah yang tidak terarah.

Ancaman akan diadakan demo dilontarkan oleh tokoh masyarakat Lintas Asri usai banjir pada, Senin sore (13/9/2022) sekira pukul 17.16 Wib.

Warga menilai pengelola dua perumahan ini mengucilkan warga Lintas Asri demi meraup keuntungan pundi-pundi rupiah. Termasuk pemerintah daerah juga ikut diam atas musibah seringkali di alami warga setempat.

Maruli salah satu tokoh pemuda Lintas Asri mengakui, insiden banjir mendadak pasca hujan sering kali mengejutkan warga. Sumber air deras masuk kedalam permukiman warga akibat dari saluran pembuangan parit dari perumahan PT. KBPC dan Aziziah yang selama ini tidak jelas.

“Sudah berulang kali warga melalui musyawarah meminta saluran parit dua perumahan itu memperbaiki saluran air. Tapi, sama sekali tidak diperdulikannya. Pemerintah daerah juga hanya berpangku tangan saja. Warga sudah kesal dan merencanakan aksi demo,” tegasnya dengan nada kesal.

Selanjutnya, ketua RT 13 Junaidi juga mengungkapkan kekesalannya, atas ketidak pedulian atas insiden yang berulangkali dirasakan warganya termasuk rumah pribadinya menjadi korban banjir dadakan.

“Sumber air besar yang masuk ke perumahan ini jelas dari KBPC dan Aziziah,” ujarnya.

Kecaman senada juga disampaikan oleh ketua RT 34 Abu janji dan janji kedua perusaan KBPC dan Aziziah selama ini sama sekali tidak diindahkan. Bukti nyata terjadi kali ini, air berlumpur kembali masuk kedalam rumah warga.

“Warga sudah geram kalau menunggu tindakan dari pemerintah yang sudah terlalu paham atas aturan. Kita juga sepakat atas permintaan warga mengelar aksi demo ke dua perumahan, kantor bupati dan DPRD,” ungkapnya.

Pantauan dilapangan, akibat banjir lumpur banyak alat rumah tangga warga yang rusak dan sulit membersihkan. Banjir kali ini, hampir seluruh perumahan di BTN Lintas Asri digenangi air, padahal hanya dilanda hujan satu jam.

“Kalau kondisi ini dibiarkan, warga memprediksi BTN Lintas Asri akan terendam terus, setiap kali dilanda hujan,” tandasnya.

Ketua tim penanganan banjir BTN Lintas Asri, Thabrani menjelaskan titik-titik BTN Lintas Asri yang terendam banjir yang di akibatkan oleh Perumahan PT. KBPC dan Perumahan Aziziah.

“Yang banjir di jalan poros BTN Lintas Asri blok A, B, C, D, E, F, G, dan blok H,” bebernya.

Adapun penyebabnya adalah
Parit dari PT. KBPC dan BTN Aziziah blum maksimal, sehingga melimpah di blok tersebut diatas.

“Saran dan tindak lanjut untuk kita bahas dan cari solusi bersama,” pungkasnya. (JKM)

Komentar