oleh

Akurat! Hasil Quick Count Puspol Versi CE-Ratu Sama dengan Situng KPU untuk Muarojambi

SUARA JAMBI – Belum lama ini, lembaga survei Puspoll Indonesia mengeluarkan hasil hitung cepat (Quick Count) Pilgub Jambi yang mengunggulkan pasangan Cek Endra Ratu Munawaroh (CE-Ratu) di Kabupaten Muarojambi.

Ternyata, hasil yang dirilis Puspoll tersebut sama persis dengan hasil Situng KPU di website KPU.go.id yang menempatkan jarak sekitar dua persen antara pasangan CE-Ratu dan Al Haris-Abdullah Sani.

Dari pantauan, hitungan KPU di Kabupaten Muarojambi data yang masuk sudah 100 persen. Itu artinya, perolehan suara di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) sudah direkap oleh KPU.

Pasangan nomor urut 1 (CE-Ratu) diketahui mengumpulkan 59.804 suara dengan persentase 39,1 persen. Sementara itu, pasangan Al Haris-Abdullah Sani meraup 63.386 suara dengan persentase 41,5 persen.

Sebelumnya, Puspoll Indonesia merilis suara yang diperoleh pasangan CE-Ratu 40,93 persen dan Pasangan Al Haris-Sani 42,51 persen di Kabupaten Muarojambi.

Menyikapi hasil ini, Direktur Relawan CE-Ratu, Sony Zainul, mengaku semakin optimis pasangan CE-Ratu akan menyalip pasangan Haris-Sani. Menurut Sony, hasil Puspoll Indonesia yang mengeluarkan rilis kemenangan CE-Ratu di Pilgub Jambi sama persis dengan hitungan di website resmi KPU.

“Insya Allah, hitungan Puspoll dan Charta lebih mendekati kenyataan. Itu terbukti di Kabupaten Muarojambi. Kita semua bisa melihat,” tegas Sony.

Sony menambahkan, saat ini kantong suara CE-Ratu memang belum masuk 100 persen. Sementara kantong suara Al Haris-Sani di Muarojambi sudah full 100 persen.

“Sarolangun, Batanghari, Tebo, Bungo, Tanjabbar, Tanjabtim belum full 100 persen. Rata-rata persentase suara masuk masih dibawah 80 persen kecuali Sarolangun yang sudah masuk 83 persen.” jelas Sony.

“Kantong suara Haris-Sani ada tiga daerah yakni Merangin, Kota Jambi dan Muarojambi. Dari data per pukul 00.00 Minggu (13/12/2020), Muarojambi 100 persen, Merangin 76 persen dan Kota Jambi 82 persen.” beber Sony.

Kabupaten Bungo, Kerinci dan Sungai Penuh, menurut Sony, meskipun menempatkan pasangan FU-Syaril sebagai pemenang, tetapi suara CE-Ratu berada di atas raihan suara Al Haris-Sani.

“Kita lihat saja nanti, saya meyakini pasangan CE-Ratu tetap keluar sebagai pemenang. Untuk rekan-rekan kita tetap kawal jangan sampai ada kecurangan.” sebutnya.

Lebih jauh dikatakan Soni, hitungan di website KPU.go.id tersebut bukanlah hitungan real. Kata dia, hitungan resmi nantinya akan diumunkan secara langsung oleh KPU Provinsi Jambi.

“Hasil di website ini juga belum bisa dijadikan pedoman. Apapaun hasilnya kita tetap menunggu ketuk palu KPU,” tandasnya. (*)

Komentar

Berita Terbaru