Waspada Covid-19, Mau Update Informasi Secara Real Time?

75

SUARA ARTIKEL – Akhir Desember 2019 pertama kali virus Corona ditemukan di Wuhan, Cina yang diyakini penyebaran utama berasal dari hewan, Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia dan tidak terkecuali di Indonesia sejak pertengahan Maret 2020 dari waktu ke waktu menunjukkan peningkkatan. Coronavirus yang berkembang terus menerus menjadi ancaman kesehatan masyarakat secara global, oleh karena itu kekebalan tubuh menjadi pertahanan utama.

Jumlah penderita setiap wilayah di 34 provinsi di Indonesia terlihat belum menunjukan penurunan justru semakin bertambah, usaha pemerintah sudah banyak dilakukan seperti sosial distanting, karantina dan langkah strategis pemerintah untuk akselerasi penanganan Covid-19 seperti penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seperti yang disampaikan oleh Kementerian PAN-RB.

Wabah Covid-19 banyak merubah tatanan sosial, merubah budaya yang sudah mapan dan banyak perubahan lain yang telah terjadi di masyarakat seperti bekerja dari rumah, belajar dari rumah yang masih berlaku sampai sekarang. Perubahan penggunaan teknologi juga mengalami perubahan yang signifikan, biasanya teknologi digunakan untuk media sosial namun sekarang semua banyak bergantung pada teknologi tersebut.

Selain beberapa berubahan yang telah diuraikan, yang tidak kalah pentingnya kita harus mengetahui perubahan atau perkembangan kasus Covid-19 itu sendiri baik di Indonesia maupun secara global. Data perkembangan di Indonesia terakhir sampai tanggal 16 Mei 2020 terjadi lonjakan yang sangat mengerikan. Kewaspadaan terhadap pandemi Covid-19 harus kita tingkatkan lagi dan bersama-sama untuk mematuhi kebijakan yang ada.

Berikut data per tanggal 16 Mei 2020 :

Berdasarkan tabel diatas per tanggal 16 Mei 2020 sebanyak 17.025 – 10.591 = 6.343 rata-rata perhari penambahan sebanyak 403 orang penambahan tertinggi tanggal 13 Mei 2020 sebanyak 698 kasus. Indonesia berada urutan ke 33 saat ini sedangkan pada tanggal 10 Mei 2020 berada di urutan 36 dunia. Untuk mendapat informasi secara up to date, maka dapat mengakses website resmi pemerintah melalui covid19.go.id, sedangkan di tingkat dunia di website COVID-19 Map – Johns Hopkins Coronavirus Resource Center. Semoga bermanfaat.

Penulis : Tarjo, S. Sos., M.AB
Dosen STIA Setih Setio Muara Bungo

Silahkan Komentar nya Tentang Berita Ini





















>