Waka 1 DPRD Bungo Salurkan Puluhan Ribu Benih Ikan di Kecamatan Muko-Muko Bathin VII, Rantau Pandan, dan Bathin III Ulu

SUARA BUNGO – Sejumlah Dusun (Desa) di Kecamatan Muko-Muko Bathin VII, Rantau Pandan, dan Bathin III Ulu mendapat bantuan bibit ikan semah dan gurami dari Wakil Ketua I DPRD Bungo, Jumiwan Aguza, S.M.

Pemberian bibit ikan semah dan Gurami itu diserahkan langsung secara simbolis oleh Wakil Ketua I DPRD Bungo, Jumiwan Aguza kepada Datuk Rio di Dusun setempat.

Menurut Wakil Ketua I DPRD Bungo itu, pemberian bibit ikan ini merupakan sambung aspirasi masyarakat dari dirinya kepada masyarakat di Kecamatan Muko-Muko Bathin VII, Rantau Pandan, dan Bathin III Ulu, sekaligus upaya mengajak warga masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan sungai agar dihiasi dengan ternak ikan.

Adapun bibit ikan Gurami dan Semah yang di distribusikan ke Kecamatan Muko-Muko Bathin VII yakni Benih gurami 18.000 ekor yang dibagikan ke Dusun Tebing Tinggi, Pekan Jum’at dan Dusun Baru Pusat Jalo, masing-masing 2000 ekor benih Gurami per dusun.

Baca Juga :  Paripurna Rekomendasi DPRD Terhadap LKPJ Bupati Bungo Tahun 2018 Berlangsung Sukses

Untuk di Kecamatan Rantau Pandan ada 2 Dusun yang di bagikan diantaranya, Dusun Lubuk Kayu Aro dan Dusun leban, masing-masing dusun tersebut mendapatkan 2.000 benih ikan.

Sedangkan untuk di Kecamatan Bathin III Ulu ada 6 Dusun yang mendapatkan bantuan bibit benih ikan diantaranya, Dusun Lubuk Beringin, Dusun Senamat Ulu, Dusun Aur Cino, dusun Karak, dan Dusun Timbolasi, yang masing-masing mendapatkan bibit benih ikan sebanyak 2.000 ekor, dan di Dusun Buat sebanyak 4.000 ekor.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bungo yang telah membantu kami dalam menyalurkan aspirasi berupa bibit benih ikan untuk di beberapa dusun yang berada di Kecamatan Muko-Muko Bathin VII, Rantau Pandan, dan Bathin III Ulu. Semoga dengan adanya pemberian bibit benih ikan ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Dusun yang dapat bantuan bibit benih ikan hari ini,” ucapnya, Rabu (27/9/2023).

Baca Juga :  Sekda M. Dianto Minta Pengamanan Pemilu Serentak 2019 Maksimal

Dirinya juga meminta kepada Datuk Rio beserta seluruh masyarakat agar bisa merawat air sungai ini dengan sebaik-baiknya dan tanpa adanya polusi dari Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) maupun Dongpeng yang menggunakan mesin Robin.

“Kami dari DPRD Kabupaten Bungo bersama Dinas Peternakan dan Perikanan menghimbau kepada seluruh masyarakat di kabupaten Bungo untuk menjaga kelestarian air sungai kita yang jernih ini. Ini merupakan kearifan lokal kita yang ada saat ini,” pintanya.

Sementara itu, Datuk Rio Lubuk Beringin (Luber) Jupri mengatakan, bahwa pihaknya dari masyarakat Dusun Lubuk Beringin dan Aur Cino sangat bersyukur dan berterimakasih jepada Wakil Ketua I DPRD Bungo Jumiwan Aguza, S.M, karena telah mengadakan aspirasinya dengan program Bibit Ikan semah.

Baca Juga :  Bupati Mashuri Basuh di Masjid Jami' Al-Falah Dusun Tanjung Agung

“Benih ini merupakan aspirasi dari Wakil Ketua I DPRD Bungo Jumiwan Aguza. Kami berharap kegiatan ini harus berlanjut di tahun 2024 mendatang,” bebernya.

Menurut Jupri, bibit ikan semah ini merupakan ikan yang langka yang ada di Kecamatan Bathin III Ulu, terutama di Dusun Luber dan Aur Cino.

”Lubuk larangan ini ketika airnya membesar, sampai ke hulu orang dapat, selain itu juga, ini merupakan sumber dari ekonomi dengan cara 2 tahun sekali lubuk larangan ini akan dibuka dengan nilai menghasilkan sampai dengan Rp20 juta selama 2 satu tahun setiap panen,” jelasnya.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih banyak kepada Wakil Ketua I DPRD Bungo, Jumiwan Aguza atas adanya aspirasi ini.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada pak Jumiwan Aguza yang telah menyampaikan aspirasinya kepada masyarakat Kecamatan Bathin III Ulu ini,” pungkasnya. (Oni/Adv)

Komentar