Ketua PWI PB : Wartawan Harus Selalu Menjaga Diri

175

SUARA MANOKWARI — Wartawan menjadi garda terdepan dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Di tengah kondisi pandemik Covid-19 saat ini, wartawan harus selalu menjaga diri.

“Harus selalu melengkapi diri dengan alat pelindung diri. Ini harus dipatuhi,” kata Ketua PWI Papua Barat, Bustam, Minggu (29/03/0202).

Bustam menegaskan, keamanan bagi wartawan harus lebih diutamakan di tengah eskalasi perkembangan persebaran virus. Media-media tempat wartawan bekerja juga diminta memberi arahan dan jaminan keamanan kesehatan secara maksimal.

Mengacu pada Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, para pemberi kerja harus memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja kepada para pekerja.

Sebagai bagian dari elemen masyarakat yang berkontribusi dalam ikhtiar-ikhtiar menanggulangi persebaran virus Corona, Bustam berharap, solidaritas kerja sama sesama wartawan semakin kuat, dengan cara saling mengingatkan.

Alat pengamanan perlu diperhatikan, seperti masker dan hand sanitizer, meskipun diketahui sekarang seperti menjadi barang langka.

“Apabila tidak melengkapi diri dengan alat pelindung, sebaiknya tidak harus turun lapangan,” kata Bustam mengingatkan.

Hal penting lain, Bustam menekankan agar para wartawan selalu saling menjaga dan mengingatkan, sehingga memperkuat rasa solidaritas dalam hubungan antar manusia, antar rekan seprofesi, serta penegakan profesionalitas.

“Mari saling mengingatkan, untuk saling memberi pertimbangan secara proporsional, kondisi atau momen yang harus diliput, dan mana yang harus dihindari,” harap Bustam.(*)

Silahkan Komentar nya Tentang Berita Ini