Kementerian LHK Mensupport Pemkab Merangin

SUARA BANGKO – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, sangat mensupport Pemkab Merangin, yang sudah mengusulkan Geopark Nasional Merangin-Jambi menaikan status, menjadi Unesco Global Geopark (UGG).

Hal tersebut dikatakan Drh Indra Exploitasia M Si, direktur konservasi keanekaragaman hayati spesies dan genetik Direktorat Jenderal Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem (KSAE) Kementerian LHK RI kepada Kominfo News, Selasa (11/10/2022).

‘’Untuk mencapai UGG tentunya yang perlu diperhatikan, ada tiga aspek yang harus tetap diterapkan. Ketiga aspek itu, aspek konservasi, aspek sosial ekonomi dan penelitian serta pendidikan,’’ujar Indra Exploitasia, usai bedah dossier geopark di Bappeda Merangin.

Baca Juga :  Diduga Abeng Menguasai Proyek Besar Di Bungo, Yakni Berkisar Mencapai 28 Milyar

Ketiga aspek itu lanjut Indra Exploitasia, harus dikedepankan untuk mempertahankan Geopark Nasional Merangin-Jambi, tetap berjalan sebagaimana tiga aspek tersebut, sehingga tidak melenceng dari fungsinya.

Selain itu tegas perempuan berambut ikal ini, komitmen diperlukan untuk meraih Geopark Global, sehingga statusnya tidak hanya sekedar menempel, tapi harus ditandai dengan penerapan berkelanjutan tiga hal itu.

‘’Bagaimana sumber daya manusia terwujud, sehingga bisa membuat Geopark Nasional Merangin-Jambi di mata internasional, menjadi satu geopark yang bisa mengangkat negara Indonesia,’’ terang Indra Exploitasia.

Baca Juga :  Bupati Masnah Hadiri Dirgahayu ke 74 Hari Amal Bakti

Disamping itu jelasnya, tentunya regulasi dan kebijakan dalam memperkuat Geopark Nasional Merangin-Jambi. Untuk memenuhi kriteria itu tentunya dilihat oleh Tim Evaluator UGG.

‘’Kita akan coba bahwa tantangan-tantangan yang sedang dihadapi sekarang ini, bisa menjadi peluang untuk memperbaikinya dan ini tentunya merupakan kesempatan besar,’’ papar Indra Exploitasia.

Lebih lanjut dikatakannya, tantangan yang terjadi dalam kawasan konservasi, tentunya harus dijadikan satu momen untuk memperbaiki, sehingga nanti ketika Geopark Nasional Merangin-Jambi sudah menjadi status UGG, sudah stabil dengan permasalahan-permasalahan yang sudah teratasi.

Baca Juga :  Perdana, H Mukti Lantik 60 Pejabat Eselon III dan IV

Ditanya apa saran untuk Geopark Nasional Merangin-Jambi? Indra Exploitasia menegaskan, nanti bila Geopark Merangin-Jambi lolos UGG, hendaknya status itu bukan hanya sekedar status.

‘’Pemerintah Daerah harus mendukung dan komitmen untuk tetap menjadikan UGG sebagai status yang dapat mengangkat harkat dan derajat Bangsa Indonesia, terutama masyarakaat lokal Kabupaten Merangin,’’ pinta Indra Exploitasia. (MHD/ADV)

Komentar