H Mashuri : TTG Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

SUARA BANGKO – Teknologi Tepat Guna (TTG) sebagai salah satu jalur penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemkab Merangin menyadari, sebagian masyarakat mempunyai tingkat kemampuan penguasaan teknologi yang terbatas.

Hal tersebut dikatakan Bupati Merangin H Mashuri, usai menghadiri event Gelar TTG Nasional XXIII tahun 2022, di Ballroom Aston Hotel dan Convention Center Cirebon, Jawa Barat, Selasa (18/10/2022).

Baca Juga :  Bupati Merangin Ikuti Rakor Pemberantasan Korupsi

‘’Teknologi Tepat Guna berarti teknologi yang sesuai dengan kondisi budaya dan kondisi ekonomi serta penggunaannya harus ramah lingkungan. Teknologi semacam ini tapat guna karena biayanya relatif murah, teknologinya sederhana,’’ ujar Bupati.

Selain itu lanjut bupati, teknologi semacam ini mudah dimengerti pemakainya dan dalam skala yang tidak terlalu besar, sehingga mudah dikembangakan dalam kondisi pembiayaan yang terbatas.

Baca Juga :  Diduga Rio Rantau Embacang Mark Up Dana Pengadaan Bibit Durian Tahun 2021

Untuk itu jelas bupati, pengembangan teknologi tepat guna bagi masyarakat perdesaan merupakan suatu jawaban yang tepat, sebagai salah satu hal penting bagi pengentasan kemiskinan.

Gelar TTG Nasional XXIII tahun 2022 itu, diikuti ribuan inovator perwakilan dari sejumlah provinsi di Indonesia. Menariknya inovator dipertemukan dengan para investor/pengusaha dalam pengembangan TTG di daerah.

Baca Juga :  Ketua DPRD Fajran Hadiri Puncak Peringatan HUT Bhayangkara Ke-76

‘’Gelar TTG bertujuan untuk memasyarakatkan inovasi hasil TTG, sekaligus ajang promosi dan pertukaran informasi terkait pengembangan serta pemanfaatan TTG untuk kemajuan ekonomi masyarakat, khususnya di desa,’’ terang Bupati.

Pada event tahunan nasional itu digelar pameran UMKM, lokakarya, widyawisata dan rakornis yang didalamnya untuk menentukan dimana Gelar TTG Nusantara tahun berikutnya akan dilangsungkan. (MHD/ADV)

Komentar