Kelompok II KKU STIA Sukses Menanam 150 Bibit Tanaman Penghijauan di Dusun Lubuk Benteng

SUARA BUNGO – Kuliah Kerja Usaha (KKU) STIA Setih Setio Muara Bungo tahun 2018 kelompok II di Desa Lubuk Benteng Kecamatan Batin III sukses melaksanakan kegiatan menanam 150 bibit tananan untuk penghijauan di wilayah Desa Lubuk Benteng, Minggu (22/7/2018).

Adapun 150 bibit tanaman penghijauan tersebut yang ditanam yaitu 50 batang bibit tanaman Petai, 50 batang bibit tanaman Jengkol, 20 batang bibit tanaman Jambu Dan 30 batang bibit tanaman Nangka.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STIA, Tarjo, S.Sos., M.AB, Dosen Supervisor, Darmawanto, Dosen STIA Deni Handani dan Poiran. Selain itu juga dihadiri oleh Rio Lubuk Benteng, Hairul, Babinsa, Ketua Karan Taruna Dan Perangkat Desa Lubuk Benteng lainnya.

Dengan ditanamnya 150 Bibit tanaman tersebut merupakan salah satu program kerja dari Kuliah Kerja Usaha (KKU) STIA Setih Setio Muara Bungo tahun 2018 kelompok II. yang mana dari kegiatan tersebut merupakan salah satu bukti nyata Pengabdian Masyarakat terhadap masyarakat Lubuk Benteng.

“Karena tanaman tersebut dapat berdaya guna bagi masyarakat Lubuk Benteng di masa yang akan datang, semua tanaman yang di tanam ini merupakan tanaman yang buahnya bisa untuk di konsumsi masyarakat dan juga bisa untuk dijual,” ujar Ali Novandra, Kelompok II KKU STIA.

Baca Juga :  Dua Warga Bungo Positif Corona, Ini Penjelasan Jubir Covid-19 Kabupaten Bungo

Saat di wawancara suarabutesarko.com, Hairul selaku Rio Lubuk Benteng menggucapkan terimakasihnya kepada pihak kampus dan mahasiswa yang telah bersedia menanam bibit tanaan Petai, Jengkol, Jambu dan Nangka ini. Karena semua tanaman tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Terimakasih banyak mahasiswa STIA, Ini merupakan kegiatan yang sangat positif. Kami berharap agar mahasiswa STIA bisa memberikan ide-ide yang kreatif untuk Wisata Alam Kemang (Luben) yang akan di terapkan ke depan, supaya lebih maju,” ungkap Hairul, Rio Lubuk Benteng.

“Kami juga minta bantuan mahasiswa STIA untuk mempublikasi dan mempromosikan tempat Wisata Alam Kemang (Luben) ini,” harap Rio Lubuk Benteng, Hairul.

Dengan dilakukan penanaman di tanah Dusun ini, tepatnya di area kolam Dusun Lubuk Benteng sangat di harapkan bisa menahan tanah dari kelongsoran, selain itu juga bisa menjadi daerah taman hijau bagi Desa Lubuk Benteng.

Lain pihak, Ali Novandra perwakilan dari KKU STIA Setih Setio Muara Bungo kelompok II Mengatakan, melalui kegiatan penanaman pohon bibit tanaman tersebut merupakn sebagai penghijauan di Dusun Lubuk Benteng, dan ia juga berharap dari program kerja yang telah dilaksanakannya tersebut semoga bermanfaat bagi masyarakat Lubuk Benteng di masa yang akan mendatang.

Baca Juga :  Muchtar Luthfi, Figur Yang Dekat Dengan Semua Kalangan

“Tujuan dari penanaman pohon ini adalah untuk menahan erosi tanah, agar tidak terjadi banjir dan tanah longsor,” ujarnya.

Selanjutnya, Dosen supervisor Posko II KKU STIA Setih Setio Muara Bungo Posko II, Darmawanto mengucapkan terimakasihnya kepada seluruh rekan-rekan mahasiswa yang telah menjadi inisiator dalam kegiatan penanaman pohon tersebut. Tidak lupa pula kepada masyarakat dan perangkat Dusun Lubuk Benteng yang sangat antusias dalam menjalankan kegiatan tersebut.

“Saya berpesan kepada mahasiswa agar selalu merawat bibit tanaman yang telah di tanam ini, supaya tidak mati,” harap Darmawanto.

Keluarga besar KKU STIA Setih Setio Muara Bungo tahun 2018 Posko II Dusun Lubuk Benteng Dan Dosen Supervisornya juga mengucapkan Terimakasihnya kepada kantor KPHP Kabupaten Bungo yang sudah memberikan bantuan bibit pohon sehingga kegiatan penghijauan bisa di laksanakan.

“Terimakasih banyak pak Bupati Bungo, H. Mashuri melalui Kantor KPHP Kabupaten Bungo, karena telah bersedia menyumbangkan bibit tanaman ini, sehingga kegiatan penghijauan ini bisa terlaksana dengan sukses,” ungkapnya lagi.

Baca Juga :  KKU STIA Posko V Siap Menjaga Kearifan Budaya Lokal

Selain kegiatan penanaman pohon, kegiatan selanjutnya adalah mengunjungi Destinasi Wisata ‘Taman Wisata Alam Kemang (Luben) Dusun Lubuk Benteng, Kecamatan Bathin III, Kabupaten Bungo.

Yang merupakan potensi kreatif yang diolah oleh Pemerintah Dusun lubuk benteng bersama BPD, Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat dan didukung oleh semua komponen yang patut dikembangkan menjadi salah satu Destinasi wisata yang luar biasa di Kabupaten Bungo.

“Kami juga mengharapkan Pemerintah Kabupaten Bungo untuk turut mengembangkan wisata ini, agar lebih maju lagi,” pungkasnya.

Salam Hangat Dari KKU STIA Setih Setio Muara Bungo yang ke XVII tahun 2018, kelompok II, Dusun Lubuk Benteng , Kecamatan Batin III, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi.

Yardan, Zulbahrain. A, Ali Novandra, Firmando.M.S, Apriyadi, Oka Sari Dewi, Siti Suhayati, Lirici Putri, Riski Kurniati, Pratini, Yuli Prastiwi, Elmayanti, Irmalia Oktaviani, Zarina, Ikhlas Amini, Lovra Avriani, Afrizal Nurdin, Deri Maulana, Asriani Sibarani, Devia Hanrika, Alpita dan Siska Aryani Malau. (Adh)