Etape Berat, Wako AJB Lepas Pembalap TdS di Etape VIII Sungaipenuh-Pessel

SUARA SUNGAIPENUH – Untuk Pertama kalinya Kota Sungaipenuh menjadi tuan rumah Even bergensi kelas dunia balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) yang sudah menjadi agenda tahunan dan mendapat tempat tang luar biasa dihati masyarakat.

Sebagai tuan rumah start pada etape VIII Sabtu (9/11/2019) masyarakat daerah berjuluk “Sahalun Suhak Saletuh Bedil,” penuh sesak membanjiri pingir lintasan yang akan dilalui para Bikers.

Saat pelepasan para pembalap di garis start, Walikota Sungaipenuh Asafri Jaya Bakri (AJB) juga didampingi Sekda Provinsi Jambi H.M. Dianto, Wawako Zulhelmi, Forkompinda, Asisten, Ketua dan juga para anggota DPRD, SKPD, dan Camat lingkup Pemkot Sungaipenuh serta ribuan masyarakat membanjiri pinggiran lintasan start yang dilalui para pembalap.

Baca Juga :  Batanghari Clear, Tim Elit CE-Ratu Lanjut Bergerak ke Muarojambi

Sejak pagi, mulai dari titik start di Lapangan Merdeka Sungaipenuh hingga ke jembatan Kerinduan dan arah puncak serta sepanjang lintasan, masyarakat sudah ramai berjejer menunggu kedatangan para pembalap melintasi mereka.

Pada etape ke VIII ini merupakan etape dengan medan terberat, karena lintasan terpanjang kedua ini berkarakter pegunungan dengan panjang 212,9 kilometer, serta memiliki 3 titik sprint dan 3 tanjakan yang dipastikan akan menguras tenaga para pembalap.

Baca Juga :  Hadiri Halal Bi Halal 6 Luhah, Wako AJB Lakukan Ziarah Kubur dan Resmikan Jembatan 6 Luhah

Tanjakan tipe Hors Categorie (HC) atau yang terberat akan langsung menghadang pada kilometer 29,2 di Sungai Ning, Sungai Penuh. Kemudian tanjakan kategori 4 pada kilometer 87,9 di Bukit Buai dan Bukit Pulai pada kilometer 199,1. Adu cepat akan terjadi pada tiga titik sprint pada kilometer 74,7 di Tapan. Kilometer 122,2 di Koto Panai dan kilometer 159,1 di Pasar Kambang Pesisir Selatan.

Pada etape VIII ini pembalap kembali berkurang, setelah di etape VII diikuti 75 pembalap dan kali ini diikuti oleh 72 pembalap dari 108 pembalap yang ikut di etape ke I tanggal (2/11/2019).

Baca Juga :  Sekda Munasri Ajak PKL dan Asongan Menjaga Kebersihan

Wako AJB ketika menyampaikan sambutan selamat datang dalam bahasa Inggris mengatakan bahwa dengan adanya Toure de Singkarak (TdS) yang melewati Kota Sungaipenuh dan Kerinci tahun 2019 ini tentunya akan memperkenalkan Pariwisata ke Dunia.

“Kita sangat bangga akan adanya TdS ini, baik itu Etape ke VII Kerinci maupun Etape ke VIII Sungaipenuh-Pesisir Selatan. Mudah-mudahan kedepannya akan lebih baik lagi,” ungkap Walikota dua periode ini. (ndy)

Komentar