dr. Berman Saragih Mampu Jadikan RSUD Kolonel Abunjani Pelayanan Terbaik Terakraditasi Kelas Utama

440

SUARA BANGKO – Keberadaan RSU Kolonel Abunjani sebagai rujukan masyarakat Kabupaten Merangin dan sekitarnya untuk mendapat pelayanan kesehatan.

Direktur Rumah Sakit Umum (RSU) Kolonel Abunjani Bangko, dr. Berman Saragih mebuat masyarakat merangin berdecak kagum atas kemajuan yang sangat signifikan jika dibandingkan sebelum era kepemimpinan Al Haris sebagai Bupati Merangin.

Diawal periode pertama sesuai visi dan misi Al Haris untuk meningkatkan pelayanan kesehatan Masyarakat, Al Haris mempercayai Dokter Berman Sarangih untuk menahkodai RSU Abunjani Bangko.

Mendapat kepercayaan dari Bupati Al Haris diawal periode pertama, kesempatan itu tidak disia-siakan oleh Berman Saragih, berbagai gebrakan dilakukan untuk mewujudkan niat Bupati Merangin, hal itu terbukti semenjak menjabat sebagai Direktur RSU Abunjani Bangko terus berbenah. Dengan gebrakannya dan ide-ide serta gagasan dan konsep untuk membangun RSU Kolonel Abunjani menjadi rumah sakit  terbaik dalam pelayanan tidak perlu diragukan lagi.

Terbukti dr. Berman Seragih dengan segudang pengalaman dibidang kesehatan sesuai gelar dokter yang diembannya mampu selangkah demi selangkah mebenahi RSU Kolonel Abunjani di semua lini.

Mulai dari pengaturan keuangan dan perbaikan managemen perawatan dan gedung sebagai fasilitas perawatan. Berbekal akses atau jaringan yang dimilikinya baik di Kementerian Kesehatan Republik RI (Kemenkes RI) maupun diluar non pemerintah, itulah yang menjadi modal utama untuk meningkatkan dan membangun RSU Abunjani menjadi rumah sakit yang terbaik dengan pelayanan yang profesional di bumi Tali Undang Tambang Teliti.

Sebagai ASN bidang kesehatan sesuai gelar dokter yang dimilikinya, itulah yang menggerakkan hatinya dan menjadi motivasinya untuk membuktikan bahwa RSU Kolonel Abunjani bisa besar dan setara dengan Rumah Rumah sakit yang ada di Provinsi Jambi. Saat ini RSU kolonel Abunjani sudah menyandang predikat Akriditasi kelas Utama.

“Jadi RSU kolonel Abunjani salah satu Rumah sakit yang ada di provinsi yang sudah memilik predikat kelas Utama,” Kata berman saragih saat dibincangi media ini.

Selain itu, Berman juga bercerita sedikit kebelakang di saat dirinya awal menjabat sebagai direktur RSU Abunjani, ingkam PAD sangat rendah jika di bandingkan saat ini.

“Kalau untuk PAD pertama saya masuk disini (RSU, red) tidak sampai satu milyar, hanya 900 juta, per 31 desember 2018 PAD kami tembus Rp40 Milyar, hasil audit BPK kami mendapat predikat A, mulai tahun 2015, 2017 dan 2018, kalau pengawasan Ombutsman kami mendapat predikat zona hijau,” sebut Berman.

Sebagai Dokter yang membidangi kesehatan, masyarakat diri sependapat dengan apa yang menjadi visi dan misi Bupati Merangin Dr. Al Haris, S.Sos.,MH terkait program-program pengembangan RSU Kolonel Abunjani ke depan.

Langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan untuk membangun RSU Abujani ini menjadi maju dan mampu bersaing dengan rumah sakit yang ada di provinsi Jambi maupun Provinsi tetangga.

“Setelah saya jelaskan, Bapak Bupati sangat setuju dengan apa yang saya sampaikan, dan itu sesuai dengan pemikiran Bupati ke depan untuk membangun Kabupaten Merangin,” paparnya.

“Sesuai harapan Bapak Bupati saya terus berbenah yang dulu dokter spesialis hanya ada 4 dokter spesialis, sekarang rumah sakit Abunjani sudah memiliki 19 dokter spesialis, dan memiliki 6 gedung bertingkat dua baik untuk ruang rawat inap maupun ruangan penujang lainnya,” ujarnya lagi.

Kemudian, apa saja yang telah dilakukan selama 5 tahun semenjak ia menjabat sebagai Direktur RSU Kolonel Abunjani, Lebih lanjut ia mengungkapkan, ia telah medatangi penunjang kerja pelayanan medik dengan peralatan yang canggih.

Sehingga masyarakat Merangin tidak perlu harus berobat keluarkota, bahkan pasien dari Kabupaten tetangga sudah banyak berobat di RSU kolonel Abunjani.

“Saat ini RSU Abunjani sudah memiliki peralatan yang canggih mulai dari ruangan operasi bertingkat dua, gedung khusus labor, gedung Radiologi, sebagai penunjang kerja 19 dokter spesialis yang kita miliki,” urainya.

Terakhir Berman saragih juga menjelaskan masih terkait visi dan misi Bupati untuk meningkat tarap hidup ibu dan bayi saat melahirkan, saat ini RSU Abunjani sudah memiliki 3 spesialis kandungan.

“Untuk mewujudkan mengurangi kematian ibu dan anak saat bersalin. Sekarang kita sudah memiliki 3 dokter spesialis kandungan, dalam waktu dekat kita juga akan berupaya mendatangkan dokter spesialis penyakit kulit,” pungkasnya(mjb)

Silahkan Komentar nya Tentang Berita Ini