Bupati Mashuri Teken MoU Bersama Rektor UGM Terkait Pendidikan, Kesehatan, Penelitian dan Pelayanan Masyarakat

SUARA YOGYAKARTA – Pemkab Bungo dan Universitas Gadjah Mada resmi melakukan kerjasama. Hal itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) kedua belah pihak. Penandatanganan ini dilakukan di Ruang Multimedia, lantai 3 Gedung Utama Rektorat UGM Yogyakarta, Selasa (24/10/2018) pagi sekitar pukul 09:30 Wib.

Bupati Bungo H. Mashuri dan Rektor
Universitas Gadjah Mada Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng teken MoU dihadapan sejumlah pihak terkait. Diantaranya sejumlah kepala OPD Pemkab Bungo, Kepala Balitbangkes Kemenkes RI, Rektor Universitas Islam Madura dan Universitas Alma Ata. Sejumlah pihak itu juga melakukan kerjasama dengan UGM di hari yang sama.

Adapun isi MoU meliputi bidang pendidikan, kesehatan, penelitian dan pelayanan kepada masyarakat.

Bupati Bungo H. Mashuri dalam sambutannya berharap dengan kerjasama ini bisa membuka peluang pengiriman dokter spesialis ke UGM.

Tak hanya itu, MoU ini juga diharapkan bisa memperbaiki kualitas pelayanan kesehatan, pendidikan dan pelayanan publik di Kabupaten Bungo kedepan.

Selain itu, Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota Bungo juga masuk dalam MoU tersebut.
Dalam waktu dekat ini, tentunya akan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama dengan Pusat Studi Perencanaan Pembangunan Regional (PSPPR).

“Saya sangat berterimakasih kepada pak Rektor UGM, sehingga MoU ini bisa terlaksana dengan baik dan lancar,” ungkap Mashuri.

Sementara itu, Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono berharap dengan penandatangan MoU ini bukan hanya sebatas menjadi dokumen saja, akan tetapi harus diimplementasikan dengan kegiatan yang menjadi keinginan bersama untuk memajukan institusi masing-masing, guna memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat luas.

“UGM ini sebagai universitas yang sudah berumur, tidak ingin bekerja sendiri dalam usaha untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat bangsa dan negara tentunya,” jelas Panut.

“Tantangan kita semakin berat dan sulit. Tapi bisa kita atasi bersama-sama dengan bekerjasama memberi dan sharing apa yang kita miliki kepada yang lainnys,” imbuhnya.

Dia juga memyebutkan, UGM dengan senang hati bisa bekerjasama dengan Pemkab Bungo. Pada prinsipnya, bahwa dengan bekerjasama tentu peran akan menjadi lebih besar dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat dan bangsa.

“Tentu kita ingin memberikan peran menyelesaikan dan memberikan solusi terhadap persoalan yang dihadapi di masyarakat dengan kerjasama antar institusi,” pungkasnya. (Oni)