Bupati Mashuri Lepas Rombongan Riset Mobil Listrik

SUARA BUNGO – Sebuah karya anak bangsa, Mobil listrik yang diciptakan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Universitas Budi Luhur bernama BLITS dan Kasuari tiba di Bungo, Selasa (4/12/2018).

Kedua mobil listrik tersebut tiba di Kabupaten Bungo untuk melakukan pengisian baterai dengan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU). Mobil listrik tersebut saat ini sedang dalam masa pengujian dengan melakukan perjalanan keliling nusantara yang berjudul, “PLN BLITS Explore Indonesia”. Adapun total jarak yang akan ditempuhnya dalam uji coba BLITS dan Kasuari sekitar 15.000 KM.

Kedatangan Tim Blits tersebut disambut langsunh oleh Bupati Bungo H. Mashuri beserta Pimpinan dan pihak Manager Bagian dan seluruh pegawai PLN UP3 Muara Bungo.

Seteah itu, Bupati Bungo H. Mashuri langsung melepas perjalanan tim Blits melanjutkan risetnya menuju Sabang.

Adapun BLITS tersebut mampu menempuh jarak 300 kilometer dalam sekali pengisian daya baterai 100 kWh dengan menggunakan motor berkapasitas energi 50 kilo Watt. Dan pengisian dayanya itu membutuhkan waktu 8 sampai 10 jam.

Dan yang satunya lagi juga karya Dari ITS yakni “Kasuari” yang merupakan mobil hybrid dengan komposisi 50% tenaga listrik dan 50% tenaga diesel berbahan bakar Crude Palm Oil (CPO). Mobil Kasuari tersebut mampu menempuh jarak 100 hingga 150 KM dalam sekali pengisian daya baterai 60 kWh. Adapun pengisian dayanya membutuhkan waktu selama enam jam.

Bupati Bungo H. Mashuri, usai melepas perjalanan mobil listrik menuju Marauke mengatakan, ia sangat meengapresisi dengan adanya mobil listrik ini. Ia juga berharap agar mobil listrik tersebut segera dilakukan produk masal dan di gunakan oleh masyarakat Indonesia.

“Saya sangat mengapresiasi sekali terhadap hasil karya anak bangsa Indonesia ini. Selain ramah lingkungan saya juga berharap agar mobil ini nantinya bisa segera diproduksi masal, karena mobil listrik ini akan membawa dampak yang sangat baik terhadap lingkungan,” pungkasnya. (Lan)