Antisipasi Karhutla, Personil Kodim Tanjab Adakan Patroli

64

SUARA TANJAB – Antisipasi terjadinya kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Kodim 0419/Tanjab terjunkan personil untuk melakukan patroli di wilayah yang berpotensi terjadi karhutla, Senin (25/2/2019).

Komandan Kodim 0419/Tanjab Letkol Inf M. Arry Yudistira membenarkan kalau dirinya telah perintahkan langsung ke anggota jajaran Kodim 0419/Tanjab untuk melakukan pemantauan di lapangan.

“Seluruh anggota jajaran Kodim 0419/Tanjab yang berada di wilayah teritorial kita, yakni Kabupaten Tanjab Barat dan Tanjab Timur untuk melakukan patroli Karhutla,” ujarnya.

“Patroli Karhutla itu untuk menyampaikan kepada masyarakat kalau membuka lahan pertanian atau perkebunan tidak dengan membakar,” kata Perwira Melati dua ini.

Lebih lanjut, Dandim menjelaskan ‎di Kabupaten Tanjab Barat dan Tanjab Timur ini terdapat kawasan yang lahannya lahan gambut, karena walaupun sekarang musim hujan, namun melihat kondisi cuaca di wilayah ini yang rawan akan kebakaran lahan yang juga sangat rentan bila terjadi karhutla disaat cuaca panas.

“Kalau terjadi karhutla‎, pastinya selain membahayakan kesehatan juga mengganggu aktifitas transportasi seperti lalu lintas udara,” jelasnya.

Kepada Awak Penrem, Dandim menuturkan seperti yang dilakukan oleh anggota jajaran Kodim 0419/Tanjab pada Senin (25/2/2019) pagi sekitar pukul 08.00 WIB, yakni Babinsa Koramil 01/Muara Sabak, Sertu Ajran melaksanakan Patroli Karhutla Bersama Masyarakat di Desa Lambur 1, Kecamatan Muara Sabak Timur dan Babinsa Koramil 0419-04/Nipah Panjang, Serda Mujani melaksanakan Patroli Karhutla Bersama Masyarakat di Desa Labuhan Pering, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjab Timur.

Demikian pula diwilayah Kabupaten Tanjab Barat, seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 02/Tungkal Ulu, Sertu Ujang Saputra. Ia melaksanakan Patroli Karhutla Bersama Masyarakat di Desa Delima, Kecamatan Tebing Tinggi dan Babinsa Koramil 03/Tungkal ilir, Sertu P. Simatupang, melaksanakan Patroli Karhutla Bersama Masyarakat di Desa Muara Baru, Kecamatan Seberang Kota.

“Anggota kita mencari titik api dan melaksanakan pemadaman serta Mensosialisasikan larangan membakar lahan dan hutan terhadap masyarakat, ‎Patroli dilaksanakan untuk tindakan pencegahan, dan semua itu dilakukan dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun berjalan kaki,” pungkas Dandim. (Zal/penremgapu)

Silahkan Komentar nya Tentang Berita Ini