Rumah Ketua RT 12 Kelurahan Sungai Kerjan Ludes Dimakan Api

SUARA BUNGO – Kebakaran rumah kembali terjadi di Kabupaten Bungo. Kali ini kebakaran hebat terjadi di RT 12, RW 04, kelurahan Sungai Kerjan, Kecamatan Bungo Dani, Kabupaten Bungo.

Kebakaran rumah kali ini diduga berasal dari tungku bakar yang ditinggalkan saat memasak di dapur. Rumah itu diketahui milik Purnama Efendi (ASN) yang juga merupakan Ketua RT 12, RW 04 Kelurahan Sungai Kerjan. Kebakaran hebat itu terjadi pada, Selasa (2/8/2022) sekira pukul 14:20 Wib.

Pantauan dilapangan, rumah beserta isi rumah ludes dilahap sijago merah. Dugaan sementara kebakaran itu terjadi dari api tungku yang posisi didekat kandang ayam belakang rumah. Dari tungku itu api menjalar dan menghabiskan kandang ayam lalu menjalar ke rumah.

“Nenek Anik lagi masak, sudah menjadi kebiasaan, lalu lupa. Dia bersama cucu nya langsung masuk kamar dan tidur siang,” ujar ibu Salmi yang berada dilokasi kebakaran.

Kata warga lainnya, kebiasaan sang nenek itu memasak mengunakan kayu bakar di tungku belakang rumahnya. Saat insiden itu terjadi, sang nenek tinggal bersama cucu nya, sedangkan ketua RT tengah keluar kota.

“Nenek Anik tinggal bersama cucu nya. Sedangkan pak Purnama beserta istri dan anaknya yang lain lagi berobat di Jambi,” jelas warga.

Beruntung insiden ini cepat diketahui oleh tetangga. Warga langsung berteriak memanggil sang nenek yang tengah tertidur pulas dikamar bersama cucunya, namun tidak ada jawaban, akhirnya warga nekat mendobrak pintu rumah dan langsung membawa sang nenek bersama cucu nya keluar rumah.

Beruntung sang nenek bersama cucu nya berhasil diselamatkan warga. Barang berharga lainnya habis terbakar. Hanya saja satu buah Al-Qur’an, kursi tamu, tabung gas dan sepeda motor yang berhasil diselamatkan warga.

Dua unit Armada Damkar Bungo diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan amukan api yang menghanguskan rumah milik Purnama tersebut.

“1 unit armada dari pos Mako, 1 unit diperbantukan dari pos Tanjung Agung, TRC BPBD dan Satpol PP,” pungkas Ariyanto, kasi Damkar Bungo.

Hingga berita ini diterbitkan, pihak damkar belum bisa memastikan kerugian yang di alami korban kebakaran rumah tersebut. (KM)

Komentar