Wabup Nilwan Acungkan Jempol, Stunting Jambi Dibawah Standar Nasional

SUARA BANGKO – Wabup Merangin Nilwan Yahya ‘mengacungkan jempol’, mengapresiasi kinerja Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS), karena angka stunting Provinsi Jambi dibawah standar nasional, yakni 22,4 persen dan nasionalnya 24,4 persen.

Hal tersebut dikatakan wabup di sela-sela menghadiri acara pembukaan Strategi dan Aksi Percepatan Penurunan Stunting, oleh Kepala BKKBN Republik Indonesia Hasto Wardoyo di Ballroom Hotel BW Luxury Jambi, Rabu (26/10/2022).

Pada acara yang dihadiri Gubernur Jambi H Al Haris tersebut, wabup sangat berterimakasih kepada TPPS Kabupaten Merangin, yang telah bekerja maksimal menurunkan angkat stunting, sehingga angka stunting Jambi dibawah standar nasional.

‘’Teruslah bekerja dengan tahapan aksi-aksi yang sudah dilakukan, sehingga angka stunting kita dapat ditekan semaksimal mungkin. Selamat buat TPPS Kabupaten Merangin,’’ ucap Wabup.

Terpisah, sebelumnya Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo, saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Muarojambi pada Selasa (25/10), mengatakan masih tingginya angka stunting di Indonesia menjadi tugas besar bersama semua daerah.

‘’Jambi sudah mengalami penurunan angka stunting di bawah rata-rata nasional, tapi Jambi harus menuju angka 14 persen pada 2024. Saya berharap Jambi pada akhir 2022 bisa turun tiga angka menjadi 22,’’ harap Hasto Wardoyo.

Dijelaskan Hasto Wardoyo, ada tiga penyebab utama stunting, pertama kurangnya nutrisi kepada anak ketika mulai dari bayi, kedua anak sering sakit-sakitan dan ketiga kurang perhatian orang tua baik soal gizi maupun kesehatan. (MHD/ADV)

Komentar