Sinergitas Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Bersama Pemerintahan Dusun Dalam Membangun Wisata Baru di Dusun Sungai Telang

SUARA BUNGO – Salah satu program pemerintah saat ini adalah membangun desa, dimana desa adalah salah satu sasaran pembangunan nasional. Diantara beberapa potensi yang dapat dibangun dari desa salah satunya adalah potensi wisata. Baik wisata alam maupun wisata buatan. Tidak terkecuali di Desa (Dusun) Sungai Telang, Kecamatan Bathin III Ulu, Kabupaten Bungo yang sangat potensial untuk dibangun dan dikembangkan potensi wisatanya guna untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar.

Keberadaan pariwisata yang dikelola dengan baik dan berkelanjutan dapat meningkatkan pendapatan ekonomi dari sektor pariwisata. Di Dusun Sungai Telang terdapat beberapa tempat wisata alam yang sudah sangat terkenal dan banyak dikunjungi, seperti tempat pemandian alam Pulau cinto, Tepian Rajo, dan Bukit Puhong yang selalu ramai dikunjungi.

Baca Juga :  KEBIJAKAN PROTOKOL KESEHATAN DALAM KEGIATAN SOSIAL, KEAGAMAAN, DAN HAJATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN BUNGO

Baru–baru ini, masyarakat menemukan tempat wisata baru yaitu air terjun Batang Kelumbuk yang terletak di kampung Sungai Telang, dusun Sungai Telang, kecamatan Bathin III Ulu, Kabupaten Bungo.

Diinisiasi oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Usaha (KKU) Tematik Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio (IAK SS) Muara Bungo yang dibimbing oleh Nova Elsyra, S.Sos., M.A, masyarakat Dusun Sungai Telang beserta Pemerintahan Dusun memulai membersihkan akses jalan dan area sekitaran air terjun Batang Kelumbuk serta menanam beberapa jenis tanaman hias agar lebih bersih, indah dan menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Selain itu, promosi yang gencar juga terus dilakukan oleh Mahasiswa KKU Tematik IAK SS baik di media sosial maupun media elektronik.

Baca Juga :  Bupati Mashuri Lantik Ramaini Jadi Rio Sungai Telang, Periode 2020-2026

KKU Tematik adalah salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa, Dosen, dan civitas akademia dalam mewujudkan salah satu tridharma perguruan tinggi. Dengan mengusung tema “Desa Membangun” KKU Tematik 2022 IAK SS Muara Bungo menuntut Mahasiswa agar dapat mengabdi kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan pembangunan di desa.

Mengingat wisata alam di Dusun Sungai Telang sangat potensial, maka Kelompok 3 Dusun Sungai Telang KKU Tematik IAK SS memilih program utama Desa Wisata.

Berdasarkan buku pedoman desa wisata kemeneterian pariwisata 2019 disebutkan bahwa desa wisata mampu mengurangi urbanisasi masyarakat dari desa ke kota karena banyak aktivitas ekonomi di desa yang dapat diciptakan. Sehingga dengan adanya wisata alam yang menarik di desa dapat membuka lapangan pekerjaan yang luas bagi masyarakat desa. Posko 03 KKU Tematik IAK SS di Dusun Sungai Telang menggali potensi wisata untuk dikembangkan, salah satunya adalah Air Terjun Batang Kelumbuk.

Baca Juga :  Ketua dan Sekjen Demokrat Bungo Dipastikan Duduk di Dewan

Adanya sinergitas antara Mahasiswa KKU dan masyarakat serta didukung oleh Pemerintahan Dusun dalam perintisan yang dilanjutkan dengan pembangunan wisata baru air terjun batang kelumbuk ini menjadi semangat baru bagi Dusun Sungai Telang untuk menuju Desa Wisata.

Diharapkan air terjun batang kelumbuk ini akan menjadi magnet baru Dusun Sungai Telang dan agar dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Penulis : Nova Elsyra, M.A.
Dosen Pada Fakultas Administrasi, Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo

Komentar