Razia Hari Terakhir, Polres Bungo Bersama Tim Terpadu Berhasil Musnahkan Alat PETI yang Beroperasi di Kampung Benit Sungai Mengkuang

SUARA BUNGO – Setelah penyisiran di aliran sungai Batang Tebo dan areal Bandara Muara Bungo. Polres Bungo bersama tim terpadu dari Pemda Bungo, dan jajaran Kodim 0416 Bute kembali melakukan razia terhadap Aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Kampung Benit, Dusun Sungai Mengkuang, Kecamatan Rimbo Tengah, Kabupaten Bungo, Kamis (15/12/2022).

Dari pantauan awak media dilapangan, tim terpadu yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Bungo AKP Darmawan, bergerak dari Mapolres Bungo menuju Kampung Benit, Dusun Sungai Mengkuang yang diduga adanya aktivitas penambangan emas tanpa izin.

Disana tim terpadu menggerebek lokasi para pelaku PETI melakukan aksi penambangan emas tanpa izin, dan tim terpadu mendapati 3 unit Mesin Diesel, 1 buah asbuk beserta karpet dan paralon dan 8 unit kendaraan roda dua (Motor) yang diduga milik pelaku Penambangan Emas Tanpa Izin yang ditinggal saat melarikan diri.

Baca Juga :  Pasien Positif Corona di Jambi Melonjak Jadi 18 Orang

Tim kemudian melakukan pemusnahan peralatan penambangan emas tanpa izin tersebut dengan cara di bakar agar peralatan tersebut tidak bisa digunakan kembali. Untuk 8 unit kendaraan Roda dua yang di temukan di lokasi penambangan langsung di amankan di Mapolres Bungo.

Kabag Ops Polres Bungo AKP Darmawan saat dikonfirmasi awak media mengatakan, bahwa penindakan PETI ini merupakan atensi dari Kapolda Jambi yang sangat resah dengan aktivitas PETI di wilayah hukum Polres Bungo.

Baca Juga :  Seribuan Domfeng Terdata, Cuma Seratusan Yang Dimusnahkan

”Kami bersama stake holder Tim Terpadu Penindakan PETI Kabupaten Bungo beberapa hari ini terus melakukan razia. Kali ini kita melakukan razia di Kampung Benit Dusun Sungai Mengkuang, Kecamatan Rimbo Tengah, Kabupaten Bungo yang juga diduga ada kegiatan penambangan emas tanpa izin. Namun, para pelaku sudah melarikan diri saat kita tiba di lokasi,” kata Darmawan.

Dia juga menyebutkan, bahwa dari hasil penyisiran di Kampung Benit tim terpadu menemukan 3 unit Mesin Diesel, 1 buah Asbuk beserta karpet dan paralon. Ada 8 unit kendaraan Roda dua (Sepeda Motor) yang diduga milik pelaku Penambang Emas Tanpa Izin yang pemiliknya sudah melarikan diri.

Baca Juga :  Hari Kedua Razia, Polres Bungo Bersama Tim Gabungan Terpadu Musnahkan 14 Rakit PETI Disamping Runway Bandara Bungo

“Kami bersama tim terpadu melakukan pemusnahan peralatan penambangan emas tanpa izin tersebut dengan cara di Bakar, agar peralatan tersebut tidak bisa digunakan kembali. Untuk 8 unit Sepeda Motor yang di temukan dilokasi PETI langsung kita amankan dan kita bawa ke Mapolres Bungo,” Jelasnya.

“Kita himbau kepada masyarakat untuk tidak lagi melakukan aktivitas PETI di pinggir sungai maupun daratan, kerena itu melanggar hukum. Kegiatan yang kita laksanakan selama 3 hari ini, Alhamdulillah berjalan dengan baik dan lancar,” pungkasnya.

Untuk diketahui bersama, bahwa razia PETI selama 3 hari, tim terpadu berhasil musnahkan 35 set alat aktifitas PETI di tiga lokasi yang berbeda. (JKM)

Komentar