Pj Bupati Dampingi Gubernur Resmikan Gedung SMK 15, H Mukti: Tonggak Sejarah Perkuat Pendidikan di Merangin

SUARA BANGKO – Penjabat (Pj) Bupati Merangin H Mukti mendampingi Gubernur Jambi H Al Haris meresmikan Gedung Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 15 Merangin di Desa Mampun Baru Kecamatan Pamenang Barat, Jumat (24/5/2024).

Dikatakan Gubernur, Gedung SMK Negeri 15 yang cukup megah tersebut dibangun dengan Dana Alokasi Khusus melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jambi tahun anggaran 2023.

‘’Saya masih ingat betul sekolah ini pada 20216 saat saya masih menjabat bupati Merangin. Mas Purwanto sebagai pendiri Sekolah Peternakan ini luar biasa semangatnya, sehingga apa yang dicita-citakan hari ini bisa terwujud,’’ ujar Gubenur Jambi H Al Haris.

Diakui gubernur, tidak banyak orang berpikir untuk membentuk Sekolah Peternakan, tapi gubernur kian menyadari betapa pentingnya sekolah tersebut untuk kebutuhan masyarakat kedepannya.

Baca Juga :  Bupati Harap Kapal Citra Nusantara Dapat Tingkatkan Intensitas Pengiriman Logistik

‘’Sampai sejauh ini kebutuhan daging kita masih diimpor dari luar. Kita berharap dengan hadirnya Sekolah Peternakan ini kedepan akan mampu melahirkan tenaga akhi yang mampu memenuhi kebutuhan daging daerah kita, sehingga tidak impor lagi,’’ harap Gubernur.

Sekolah yang jumlah siswanya saat ini 84 orang tersebut, telah banyak meluluskan siswanya. Bahkan ada siswa yang lulus masuk ke Universitas Jambi. Gubernur minta ini dapat terus dikembangkan bagi lulusan yang lain, sehingga pendidikannya bisa maju lagi.

‘’Mudah-mudahan melalui gedung baru ini, anak-anak bisa belajar dengan nyaman. Nanti tahun anggaran 2025 kita bangun lagi Ruang untuk guru dan pembangunan komblok sekolah, sehingga tambah bagus.’’ janji Gubernur.

Baca Juga :  Pemda Merangin Peringati Hari Pendidikan Nasional 2024

Untuk mewujudkan semua itu lanjut H Al Haris dibutuhkan dukungan semua lapisan masyarakat, dukungan sespuh dan ninisepuh masyarakat Kecamatan Pamenang Barat, karena tanpa dukungan itu tidak bisa diwujudkan.

Terpisah, Pj Bupati Merangin H Mukti menambahkan, peresmian Gedung SMK Negeri 15 bukan sekedar acara seremonial belaka, tatapi merupakan tonggak sejarah untuk memperkuat komitmen memberikan pendidikan berkualitas bagi generasi muda.

‘’Gedung dengan segala fasilitas modernnya ini, bukan hanya sekedar bangunan fisik, tatapi juga simbol dari harapan dan mimpi untuk masa depan generasi muda Merangin yang lebih baik lagi,’’ ujar Pj Bupati.

Baca Juga :  Gubernur Al Haris Ajak Masyarakat Makmurkan Masjid

Pada kesempatan itu, H Mukti mengucapkan banyak terimakasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dalam pembangunan gedung SMK Negeri 15 Merangin, terkhusus kepada Gubernur Jambi H Al Haris.

Tampak hadir, Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Jambi Syamsulrizal, Kadis Koperindag Pemprov Jambi Sardaini, Kadis DTPH Pemprov Jambi Rumusdar. Ketua TP PKK Kabupaten Merangin Dr Hj Indria Mayesti Mukti.

Hadir juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Merangin H Abdul Gani, Camat Pamenang Barat, Kades Mampu Baru, Pendiri SMK Negeri 15 Purwanto dan para tokoh masyarakat serta para alim ulama setempat. (MHD/ADV)

Komentar