Pemprov Jambi Kembali Berhasil Raih Predikat WTP Dari BPK RI

SUARA JAMBI – Pemerintah Provinsi Jambi kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Jambi. Hal ini berdasarkan Rapat Paripurna DPRD dalam penyampaian Laporan Hasil Pemerikaaan (LHP) BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi tahun anggaran 2017, yang bertempat di ruang rapat paripurna DPRD Provinsi Jambi, Selasa (26/6/2018) siang.

Prof. Rijal Djalil selaku Anggota IV BPK RI Perwakilan Jambi menyampaikan, Dalam LHP BPK RI menyatakan Provinsi Jambi kembali meraih predikat WTP (wajar tanpa pengucalian). Hal ini berdasarkan Peraturan BPK No. 1 Tahun 2017 tentang Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN) dan Kriteria yang digunakan BPK dalam melakukan pemeriksaan laporan keuangan dari hasil tersebut.

“Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Jambi Tahun 2017 (auditea), realisasi belanja sebesar Rp. 413 Triliun atau 91,50 % dari anggaran sebesar Rp4,51 Triliun. Pendapatan sebesar Rp. 4,31 Triliun atau 101,82 % dari anggaran sebesar Rp. 423 Triliun dan total Aset sebesar Rp. 5,87 Triliun. BPK memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Jambi Tahun 2017,” ucap Rijal.

Lanjutnya, BPK RI Perwakilan Jambi mengapresiasi langkah kepada Pemerintah Provinsi Jambi yang telah mempertahankan opini WTP untuk yang ke-enam kalinya.

“Semoga, prestasi ini akan menjadi momentum untuk lebih mendorong terciptanya akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan Daerah, sehingga akan menjadi kebanggaan bersama yang patut dipertahankan,” ungkap Rijal.

Pada waktu yang bersamaan atas nama Pemerintahan Provinsi Jambi, Plt. Gubernur Jambi, H. Fachrori Umar menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada BPK RI Perwakilan Jambi atas pemeriksaan dan pemberian predikat WTP tersebut.

“Kita wajib bersyukur, karena Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2017 yang tersaji dalam Laporan Keuangan Pemerintah daerah Tahun 2017 telah selesai di audit oleh BPK RI Perwakilan Jambi dan telah dilakukan penyerahan hasilnya pada hari ini,” ucapap H. Fachrori.

Tampak hadir dalam acara tersebut yakni Anggota IV BPK RI, Prof. Rizal Djalil, Pimpinan DPRD Provinsi Jambi beserta seluruh Anggota DPRD Provinsi Jambi, Para Unsur Forkopimda Pemprov Jambi, Kepala BPK RI Perwakilan Jambi beserta jajaran, Serta para Kepala OPD dan tamu undangan lainnya. (sbs/hms)