Pemdes Debai Salurkan BLT-DD Tahap Pertama ke 103 KK

451

SUARA SUNGAI PENUH – Pemerintah Desa Debai, Kecamatan Kumun Debai salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap pertama kepada Masyarakat, di gedung sanggar seni Desa Debai yang berjalan lancar dan sukses, Kamis 21 Mei 2020 kemarin.

Penyerahan dihadiri langsung oleh Camat Kumun Debai Bovi Handriyanto, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Pendamping Desa dan BPD Desa Debai dari awal hingga akhir.

Kepala Desa Debai, Adnan, S.Ag saat diwawancarai awak media, Senin (25/5/2020) menyampaikan, bahwa penyaluran BLT di Desa Debai telah dilakukan sesuai instruksi pemerintah pusat kepada masyarakat yang terdampak virus Covid-19.

“Bantuan ini kita salurkan sesuai dengan kriteria masyarakat yang berhak menerimanya dan agar tidak tumpang tindih bsebelumnya telah dilakukan verifikasi oleh tim, dengan menetapkan melalui rapat intensif bersama kelembagaan desa dan melibatkan semua unsur yang ada di Desa Debai,” ucap Adnan.

Ditambahkan Kades Debai, adapun jumlah kepala keluarga penerima BLT di Desa Debai sebanyak 103 KK, yang menerima Rp600 ribu perbulan-nya selama tiga bulan Kedepan.

“Sesuai hasil rapat bersama unsur yang ada di Desa Debai dan dengan kesepakatan bersama maka penerima BLT dana desa satu KK per rumah,” beber Kades Dua periode ini.

Kades Debai juga memberitahukan, bahwa terkait dengan ibuk Suwibah yang memperoleh BLT-DD, hal ini sudah sesuai prosedur. Karena saat ini ibuk Suwibah tidak menerima bantuan PKH lagi.

“Sudah kami konfirmasi dengan dinas terkait dan Pendamping PKH, bahwa Ibuk Suwibah sejak tahun 2019 sudah tidak menerima bantuan PKH lagi,” terang Adnan.

Sementara itu, hal senada juga diungkapkan Ketua BPD Debai Taufik, sebelum penyaluran BLT Dana Desa sudah dilakukan Musdessus (Musyawarah Desa Khusus), dihadiri oleh seluruh unsur masyarakat yang ada di Desa Debai. Bahkan sebelum dilakukan Musdessus juga telah berkoordinasi dengan Camat Kumun Debai, agar penyaluran dan pendataan penerima BLT dana desa ini tepat sasaran.

“Pembagian BLT-DD di Desa Debai sudah memenuhi aturan, mudah-mudahan penyaluran BLT-DD untuk tahap kedua nanti bisa lancar lagi dan bisa meringankan beban masyarakat ditengah Wabah Virus Covid-19 ini,” ungkap Taufik.

Untuk diketahui, bahwa pada tahun 2016 Desa Debai, Kecamatan Kumun Debai, Kota Sungai Penuh ini, pernah meraih pertasi yang membanggakan dengan menjadi juara lomba Desa PHBS, dan mewakili Kota Sungai Penuh di tingkat Provinsi Jambi pada tahun 2017, kemudian berhasil menjadi juara kedua tingkat Provinsi Jambi. (ndy)

Silahkan Komentar nya Tentang Berita Ini