oleh

Mau Aman Saat Berkendara? Pakai Perlengkapan Ini..!!

SUARA JAMBI – Riding Gear atau perlengkapan berkendara merupakan suatu perlengkapan yang wajib digunakan ketika kita akan berkendara sepeda motor, penggunaan riding gear akan membuat kita aman dan nyaman saat berkendara sepeda motor, ungkap Rudi Septiyadi, Instruktur Safety Riding Sinar Sentosa.

Yang pertama adalah helm, helm merupakan perlengkapan berkendara yang tidak boleh kita lupakan ketika akan berkedara, helm berfungsi untuk melindungi kepala dari dampak benturan apabila kita terjatuh dari sepeda motor. Ada 2 jenis helm yang direkomendasikan untuk berkendara, yaitu helm full face dan helm open face, ungkap Rudi, dan jangan lupa juga helm yang kita gunakan sudah sesuai dengan Standard Nasional Indonesia atau SNI.

Selanjutnya adalah jaket, selain berfungsi untuk melindungi tubuh dari cuaca panas atau cuaca dingin, jaket juga berfungsi untuk mengurangi dampak benturan saat terjatuh dari kendaraan, gunakan jaket yang sesuai untuk berkendara sepeda motor, gunakan jaket yang berwarna cerah dan mudah menyerap keringat.

Kemudian celana Panjang, penggunaan celana Panjang saat berkendara sepeda motor dapat melindungi bagian kaki kita dari resiko cidera yang cukup parah ketika terjatuh dari sepeda motor, gunakan celana Panjang yang tidak terlalu ketat demi kenyamanan saat berkendara.

“Perlengkapan berkendara berikutnya adalah sepatu, sepatu dapat melindungi bagian kaki kita dari resiko cidera yang lebih besar akibat terjatuh dari sepeda motor, gunakan sepatu yang melindungi semua bagian kaki. Terakhir adalah sarung tangan, sarung tangan berfungsi melindungi bagian tangan dari cuaca panas ataupun ketika terjatuh dari sepeda motor, gunakan sarung tangan yang melindungi semua bagian jari dan telapak tangan,” ujarnya.

Di Adaptasi Kebiasaan Baru seperti saat ini, ada baiknya juga kita selalu memakai masker saat berkendara, untuk melindungi diri kita dan orang lain. Mari jadikan ini sebagai kebiasaan baik kita demi keselamatan diri kita sendiri, jangan lupa, kemanapun perginya, selalu #Cari_aman. (SBS)

Komentar

Berita Terbaru