Ini Langkah Yang Dilakukan Fachrori Agar Potensi Daerah Dapat Dimanfaat Secara Optimal

SUARA JAKARTA – Dalam upaya memperluas pemanfaatan sains teknologi penerbangan dan antariksa. Guna mendukung pembangunan di Provinsi Jambi. Pemerintah Provinsi (Pemrov) Jambi melakukan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), di Ruang Rapat Antariksa Kantor Lapan Pusat, Jalan Persil No. 1 Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (22/10/2018).

Penandatanganan kesepakatan dilakukan oleh Plt. Gubernur, Fachrori Umar dan Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamaluddin.
Turut pula hadir Dr. Orbita Roswintiarti, M.Sc, Deputi Bidang Sains Antariksa dan Atmosfer Drs. Afif Budiyanto, Asisten II Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir. Agus Sunaryo, M.Si, Kepala Biro Pembangunan dan Kerjasama Setda Provinsi Jambi Novriadi, AP,M.Si, Kepala Biro Pengelolaan Barang Milik Daerah Riko Febrianto, Kepala Dinas LHD Dr. Evi Firmawaty, S.Pt, M.Si dan Kepala Biro Humas dan Protokol, Johansyah, SE, ME.

Dalam sambutannya, Fachrori menyampaikan bahwa tujuan utama MoU dilaksanakan adalah, agar potensi daerah dapat dimanfaatkan secara optimal dan kinerja Pemprov dalam pengelolaan dan pelayanan terus ditingkatkan.

“Dalam era pembangunan modern seperti saat ini, dukungan ketersediaan data informasi yang valid dan terkini sangatlah dibutuhkan, baik dalam proses perencanaan, pengendalian, hingga proses monitoring dan evaluasi pembangunan. Para pengambil kebijakan harus mampu menganalisa, merumuskan dan menyusun kebijakan pembangunan secara holistik-tematik, integratif dan spasial dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pembangunan yang berkualitas,” ungkapnya.

Plt. Gubernur Jambi juga mengatakan, “Pemrov Jambi memandang sangat perlu memperkuat jejaring kerja sama dengan LAPAN, agar sumber daya dan teknologi yang ada di LAPAN dapat dimanfaatkan secara optimal oleh Pemrov Jambi untuk mendukung pelaksanaan tugas dalam pembangunan yang lebih efektif dan efisien serta akuntabel,” terangnya.

Lebih lanjut, dikatakannya bahwa kerja sama LAPAN dengan Pemrov Jambi, secara tidak resmi sudah dimulai sebelum dibantunya penyediaan Citra Satelit Resolusi Tinggi.

“Sebenarnya telah terjalin kerjasama LAPAN dan Pemrov Jambi, tapi tidak secara resmi. Sudah dimulai sejak penyediaan Citra Satelit Resolusi Tinggi. Selain membantu penghematan anggaran kerana Pemrov tidak lagi mengeluarkan biaya yang besar untuk pengadaan CSRT, ketersediaan CSRT tersebut sangat membantu dalam pengolahan dan pengelolaan data spasial yang bersifat terkini,” paparnya.

Fachrori berharap kerjasama Pemprov Jambi dengan LAPAN, menjadi salah satu input yang penting dan strategis bagi Pemerintah Provinsi Jambi, dalam menyiapkan pelaksanaan kebijakan satu peta, yang saat ini sedang dirintis.

“Dalam jangka panjang, kerja sama ini dapat memberikan dapak positif terhadap kualitas dan akuntabilitas perencanaan dan pembangunan di Provinsi Jambi, terutama dalam konteks penataan ruang dan pengembangan wilayah,” harapnya.

Sebelumnya, Kepala LAPAN menyampaikan, LAPAN mempunyai 3 misi utama, yaitu: meningkatkan kualitas litbang penerbangan dan antariksa internasional, meningkatkan kualitas produk teknologi dan informasi di bidang penerbangan dan antariksa dalam memecahkan masalah nasional, melaksanakan dan mengatur penyelenggaraan keantariksaan untuk kepentingan nasional.

“Kerjasama tersebut terkait pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta pengembangan dan pemanfaatan sains dan teknologi penerbangan dan antariksa, terkait berbagai penelitian utama yang dilaksanakan oleh LAPAN di daerah, khususnya di Provinsi Jambi, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia,” pungkasnya. (SBS/HMS)