Geger, Geopark Merangin Peringkat Pertama Dunia

SUARA BANGKO – Merangin Jambi UNESCO Global Geopark (MJUGGp) meraih peringkat pertama dunia untuk kategori Best Practice Award 2023, pada acara Anugerah UNESCO Global Geopark yang dilaksanakan di Marakesh – Maroko, Minggu (10/9/2023).

Hal tersebut sebagaimana dikatakan Bupati Merangin H Mashuri, melalui General Manager Badan Pengelola (BP) Geopark Merangin-Jambi Dr Agus Zainuddin, usai menerima penghargaan bergensi itu di Maroko via ponsel kepada Kominfo News.

‘’Republik Indonesia melalui Kabupaten Merangin-Provinsi Jambi benar-benar menjadi perhatian dunia pada acara itu. Nama Merangin khususnya benar-benar terangkat pada Konferensi Internasional GGN tersebut,’’ ujar Agus.

Baca Juga :  Hut RI ke-77, Kapolres Inspektur Upacara Penurunan Bendera

Diraihnya Best Practice Award 2023 itu jelas Agus, merupakan prestasi dan anugerah atas dedikasi seluruh Tim Tangguh Geopark Merangin-Jambi. ‘’Selamat kepada Tim Tangguh Geopark Merangin-Jambi dimanapun berada,’’ kata Agus.

Tim Tangguh Geopark Merangin-Jambi lanjut Kepala Bappeda Merangin tersebut, telah mengukir sejarah dunia melalui Geopark Merangin-Jambi dengan lika-liku perjuangan panjang.

‘’Izinkan saya mengibarkan Bendera Merah Putih atas nama kalian tim hebat untuk MJUGGp sebagai Institusional member Global Geopark Network,’’ ungkap Agus sangat bersemangat.

Baca Juga :  Brigpol Maidani Salurkan 110 Paket Sembako Kepada Warga Limbur Lubuk Mengkuang

Selain itu sambung Agus, prestasi tersebut juga tidak lepas dari peran semua Masyarakat Hukum Adat Serampas, terutama Desa Rantau Kermas Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin. ‘’Terimakasih masyarakat Adat Serampas,’’ ucapnya.

Prestasi tersebut tegas Agus, benar-benar prestasi dan pencapaian yang luar biasa. Dimana perjalanan panjang Geopark Merangin-Jambi yang cukup berat dan sempat ditangguhkan pada usaha pertama 2014, kini bisa bergabung menjadi anggota UGGp.

Tak hanya itu, Agus juga mengucapkan terimakasih atas usaha dan peran KKI-Warsi selama ini, yang telah mendampingi praktek baik di Desa Rantau Kermas, Desa adat, desa energi terbarukan, desa mandiri energi sebagai contoh praktik terbaik dari pembangunan berkelanjutan yang dijalankan oleh komunitas.

Baca Juga :  Torch Relay Asian Games XVIII Tahun 2018 di Provinsi Jambi Belangsung Meriah

Prestasi ini milik seluruh Rakyat Republik Indonesia, masyarakat Provinsi Jambi khususnya seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Merangin ‘’Mari kita sambut tamu kita nanti dengan keramah-tamahan kearifan lokal kita,’’ pinta Agus.

Dipenghujung pembicaraannya, Agus sembari mengepalkan jari tangan kanan dan mengangkatnya mengucapkan ‘Salam Geopark, memuliakan bumi untuk mensejahterakan masyarakat’. (MHD/ADV)

Komentar