Dinas Dukcapil Bungo Sudah Mulai Cetak Kartu Identitas Anak

311

SUARA BUNGO – Berdasarkan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 Bab 2 Pasal 3 Ayat 3, Dinas Dukcapil Kabupaten Bungo telah bisa melaksanakan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA).

Kartu Identitas Anak

Seperti dikatakan Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Sujasno Irawan, ST mengatakan, untuk pencetakan KIA di kabupaten Bungo, pihaknya sudah melaksanakan pencetakan kartu tersebut. Namun prosesnya masih belum begitu maksimal dikarenakan sarana dan prasarana, contohnya mereka baru bisa sanggup menyediakan blangko yaitu sebanyak 5.000.

Kadis Dukcapil Bungo, Drs. H. Ibnu Hajar., M. Si

“Kita sangat perlu ada kerjasama dari pihak-pihak terkait, termasuk Pemda Kabupaten Bungo agar untuk mensukseskan percetakan KIA ini,” jelas Sujasno, Jum’at (14/6/2019).

Lanjut Sujasno, KIA ini dikhususkan untuk identitas anak-anak yang belum memiliki kartu identitas sebagai warga Indonesia, seperti anak usia 0 sampai 17 tahun kurang 1 hari.

“Kartu Identitas Anak (KIA) ini sangat bermanfaat bagi anak, yaitu telah memiliki Identitas sebagai warga negara Republik Indonesia, gunanya yaitu untuk persyaratan masuk sekolah, membuat tabungan bagi anak,” tambahnya.

Maka dari itu Pemerintahan Republik Indonesia telah membuat suatu kegiatan atau suatu program bahwa tidak hanya cuma anak atau warga yang berumur 17 tahun ke atas yang mempunyai adentitas, melainkan anak 0 tahun sampai umur 17 tahun kurang 1 hari pun berhak mempunyai kartu identitas maka diterbitkan oleh Wira Usaha Kartu Identitas Anak (KIA).

Selain itu, kartu KIA juga bermanfaat untuk menunjukkan identitas sebenarnya untuk menjelaskan status anak 0 tahun sampai 17 tahun 1 hari itu berhak dan sudah menjadi warga negara Indonesia walaupun dia sudah dimasukkan dalam kartu keluarga dan mempunyai akte kelahiran.

“Untuk di Kabupaten Bungo tahun ini mulai kita mencetak KIA dan kedepan perlu kita tingkatkan lagi, karena mengingat tahun ini kita cetak dengan fasilitas yang memang masih kurang maksimal. Oleh karena itu, dengan berjalannya waktu, kita tingkatkan lagi baik secara prosedur, secara sistemnya ataupun di pencetakannya, ini nantinya harus lebih kita sempurnakan lebih Baik lagi kedepan,” tegas Sujasno.

“Untuk anak berusia 0 tahun sampai 5 tahun kurang 1 hari itu tidak perlu memakai pas foto, cukup nanti di kartu KIA nya itu ada hologram gambar perempuan atau laki-laki,” tambahnya lagi.

Selanjutnya, Kasi Pendataan Penduduk, Saut Hutabarat, SH juga mengatakan bahwa Kartu Identitas Anak (KIA) itu sesuai dengan Permendagri nomor 2 tahun 2016 bab 2 pasal 3 ayat 3 tentang persyaratan dan tata cara penerbitan yaitu sebagai berikut :

“Persyaratannya yaitu, Melampirkan fotokopi Kartu Keluarga dan KTP orang tuanya, fotokopi akte kelahiran atau fotocopi Surat Nikah dan Akta Perkawinan bagi masyarakat Non-Muslim. Selanjutnya Pas foto berwarna ukuran 2 x 3 sebanyak 3 lembar bagi yang sudah berumur 5 tahun sampai 17 tahun kurang satu hari, bagi yang berumur 0 sampai 5 tahun kurang satu hari itu tidak usah melampirkan pas foto dan tidak ditampilkan di kartu identitas anak tersebut. Kami menghimbau kepada masyarakat kabupaten Bungo, mari silahkan mengurus langsung KIA ke kantor dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bungo,” pungkasnya. (Ari)

Silahkan Komentar nya Tentang Berita Ini