oleh

Bupati Al Haris Buka Rakor TMMD ke-111 Desa Bukit Beringin

Al Haris: TMMD Sedikit Dana Bisa Bangun Lebih dari Targetnya

SUARA BANGKO – Keuntungan membangun infrastruktur daerah lewat program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), dengan ketersediaan dana yang sedikit, tapi mampu membangun lebih dari yang ditargetkan.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Merangin H. Al Haris ketika membuka rapat koordinasi (Rakor) TMMD ke-111 Desa Bukit Beringin, Kecamatan Bangko Barat, di Aula Dinas PUPR Merangin, Senin (24/5/2021).

“Awalnya kita anggarkan dana Rp6 Miliar untuk kegiatan TMMD ini, namun karena dua kali terkena recovusing untuk penanggulanan Covid-19, sehingga menjadi Rp1,5 Miliar,” ujar Bupati.

Tapi bupati merasa bersyukur karena dengan dana tersebut, masih bisa dikelola dengan baik, mengingat ada Kabupaten lain yang dana TMMD-nya ter-recovusing habis, sehingga gagal melakukan kegiatan tersebut.

Jalan yang akan dibangun dari Desa Bukit Beringin, Kecamatan Bangko Barat ke Desa Beringin Sanggul, Kecamatan Tiang Pumpung tersebut jelas bupati, juga berfungsi sebagai jalur evakuasi.

Dengan terbukanya jalan yang akan dikerjakan sebanyak 110 orang anggota TNI dan tim terpadu itu, juga akan semakin mempersingkat jarak tempuh antar Kecamatan, dari 2,10 jam jarak tempuh semula menjadi sekitar 15 menit saja.

Selain membuka jalan terang bupati, TMMD juga akan membangun MCK guna mengingkatkan kesehatan masyarakat, membangun tempat wudhu di mushola yang ada sehingga masyarakat lebih mudah dalam beribadah.

“Kegiatan TMMD ini juga akan merenovasi rumah tinggal layak huni warga, sehingga bisa menambahkan kecintaan masyarakat terhadap TNI. TMMD juga akan membangun rumah jaga untuk menjaga keamanan lingkungan,” jelas Bupati.

Usai menuntaskan TMMD ke-111 lanjut bupati, sudah menunggu TMMD berikutnya
Desa Air Liki, Kecamatan Bangko Barat, Desa Koto Rawang Kecamatan Jangkat dan Desa Tanjung Gagak ke Desa Pulau Bayur terbus ke Desa Sekancing.

Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis menjelaskan, pelaksanaan TMMD ke-111 kali ini penuh tantangan, karena berlangsung di tengah pandemic Covid-19.

“Bukan hanya sasaran fisik yang akan kita capai, tapi juga non fisik dengan memberi paparan kondisi Kabupaten Merangin kepada masyarakat, termasuk bahaya narkoba dan NKRI,” terang Dandim. (Mhd/Adv)

Komentar

Berita Terbaru