oleh

Bangga Dengan Gapoktan Berkah, Bupati: Kedepan Akan Dilakukan Ekspansi Pemasaran Beras Kampung

SUARA TANJABBAR – Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat., M. Ag melaksanakan panen padi sawah Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Kelompok Tani BERKAH di RT 10, Dusun Harapan, Desa Pembengis, Kecamatan Bram Itam, Senin (24/5/2021).

Bupati Anwar Sadat dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangganya atas upaya yang telah di capai oleh Kelompok Tani BERKAH, desa yang telah berhasil melaksanakan pembukaan lahan dengan pengoptimalisasian lahan sawah secara swadaya seluas 25 hektare di tengah tingginya alih fungsi lahan tanaman pangan dan telah berhasil melakukan kegiatan selama 2 musim.

“Semoga dengan adanya kegiatan panen yang kedua ini dapat menjadi berkah dan bisa meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok tani,” ungkapnya.

Untuk di ketahui, luas lahan yang ditargetkan untuk sasaran tanaman yang merupakan kalender tanam Departemen Pertanian RI untuk Kabupaten Tanjung Jabung Barat seluas 10.597 Hektare. Adapun realisasi sampai dengan bulan april 2021 seluas kurang lebih 8500 Hektare.

Untuk memenuhi target tersebut, petani melalui kelompok tani telah dibantu benih unggul label biru melalui kegiatan APBN seluas 6.000 Hektare dengan jumlah benih 150 ton.

Di tambahkan Bupati, kedepan akan dilakukan ekspansi keluar daerah untuk memasarkan produk hasil pertanian padi Tanjab Barat.

“Kami diberbagai kesempatan, selalu mempromosikan produksi pertanian terutama padi kita. Insya Allah, selepas acara ini kami akan melakukan kunjungan kerja dan silaturahmi ke Tembilahan Indragiri Hilir. Nah, ini kami juga sekaligus memperkenalkan produksi padi petani kita,” imbuhnya.

Usai panen, acara dilanjutkan dengan dialog dan diskusi dengan para petani mengenai permintaan petani terhadap infrastruktur pendukung panen di antaranya jalan, irigasi air termasuk prasarana jaring untuk mengatasi hama burung.

Tanpak hadir Camat Bram Itam Hendry Fonda, S. STP, Kadis Pertanian, Kadis Ketahanan Pangan, Kepala Desa Pembengis, Kapolsek, Babinsa dan Kelompok Tani desa Pembengis. (Reza)

Komentar

Berita Terbaru