Bupati Adirozal Buka Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata 2023

SUARA KERINCI – Bupati Kerinci Adirozal, secara resmi membuka acara Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Tahun Anggaran 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kerinci melalui Bidang Pengembangan Destinasi Wisata.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Jambi bidang Pariwisata, Thamrin B. Bachri, Kadis Pariwisata Juanda Sasmita, dan Kabid PIKP Vicko Parbo.

Acara yang dipusatkan di Resort Family, Kayu Aro Barat ini akan berlangsung dari tanggal 22 – 24 Mei 2023, diikuti oleh 40 peserta yang merupakan pelaku Desa Wisata.

Baca Juga :  Oknum Jaksa Mengaku Diancam Oleh Oknum Polisi

Dalam paparannya, Bupati Adirozal menyampaikan pentingnya pengembangan Desa Wisata sebagai sarana pendukung penting dalam perjalanan pariwisata.

“Dalam trend perjalanan pariwisata yang saat ini mengalami perubahan, Desa Wisata memberikan pilihan alternatif yang memberikan keuntungan bagi pengembangan pariwisata,” katanya.

Dijelaskan Bupati Adirozal, empat manfaat dari pengelolaan dan pengembangan Desa Wisata. Pertama, tingkat kehidupan masyarakat dapat meningkat dan budaya serta tradisi dalam masyarakat dapat dilestarikan. Kedua, pengembangan Desa Wisata dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat pedesaan dan peluang kerja bagi generasi muda.

Baca Juga :  Pemkab Kerinci Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H

Ketiga, Desa Wisata dapat meningkatkan keberadaan industri kecil dan menengah serta mendorong inovasi dalam berwirausaha. Keempat, Desa Wisata dapat berperan sebagai promosi produk lokal dan tempat promosi wisata di luar daerah melalui Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Bupati Kerinci Adirozal, menekankan pentingnya peningkatan kreativitas, inovasi pengelolaan yang berkelanjutan, ketersediaan prasarana dan sarana pendukung, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam mendukung pengembangan Desa Wisata. Hal-hal tersebut dianggap sebagai langkah mutlak yang harus dilakukan untuk memajukan pariwisata dan memperkuat posisi Desa Wisata di daerah.

Baca Juga :  Bupati Adirozal Hadiri Peringatan Puncak HKG PKK ke-51 Tingkat Kabupaten Kerinci

Dalam kesempatan tersebut, Staf Ahli Gubernur bidang Pariwisata, Thamrin B. Bachri, juga memberikan materi paparan mengenai kebijakan dan program pembangunan kepariwisataan daerah. Acara ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan yang berguna bagi para peserta dalam mengelola dan mengembangkan Desa Wisata di Kabupaten Kerinci.

“Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan Desa Wisata di Kabupaten Kerinci dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat serta menjadi destinasi pariwisata yang menarik dan berdaya saing di tingkat nasional maupun internasional,” ucapnya. (*/Ndy)

Komentar