Buka Lahan Dengan Cara di Bakar, Manawas Warga Babeko Ditangkap Polisi

SUARA BUNGO – Satreskrim Polres Bungo tidak main-main terhadap siapapun pelaku yang sengaja membuka lahan dan hutan dengan cara dibakar. Pasalnya satu orang pelaku warga Babeko berhasil ditangkap Polisi.

Pelaku ditangkap karena diduga dengan sengaja membuka lahan dengan cara dibakar sehingga menyebabkan asap tebal terjadi dan berakibat fatal bagi kesehatan warga.

Kasat Reskrim Polres Bungo, AKP Septa Badoyo saat dikonfirmasi menegaskan, bahwa siapa saja yang melakukan pembakaran hutan dan lahan akan dikenakan sanksi pidana.

Baca Juga :  Pelaku Penikaman Warga Tanjung Gedang Ditangkap Polisi

Unit Tipidter Satreskrim Polres Bungo bersama Unit Reskrim Polsek Babeko dan petugas piket Polsek Babeko serta Tim Manggala Agni mengungkap kasus terhadap pelaku yang diduga membuka lahan dengan cara dibakar di Dusun Babeko, kecamatan Bathin II Babeko, Kabupaten Bungo, Jambi.

Baca Juga :  Gubernur Fachrori Salurkan Bantuan JPS Untuk 3.523 KK Warga Tanjabbar

Adapun pelaku berinisial MS (51) warga Babeko yang diamankan oleh petugas karena diduga telah sengaja membakar lahan dilokasi kejadian pada Kamis (14/9) lalu. Setelah dilakukan penyelidikan maka MS langsung di amankan petugas.

Dikatakan Septa, bahwa setiap pelaku usaha perkebunan dilarang membuka dan/atau mengolah lahan dengan cara membakar sebagaimana dimaksud dalam pasal 56 ayat (1) Jo pasal 108 Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2014 tentang Perkebunan.

Baca Juga :  Pj. Bupati Kerinci Asraf Hadiri Penutupan TMMD Ke 120 Kodim 0417/Kerinci

“Kini pelaku beserta barang bukti korek api dan sisa kayu yang terbakar diamankan di Mapolres Bungo untuk penyelidikan lebih lanjut. Kami akan terus mengingatkan kepada seluruh masyarakat, jangan ada lagi yang membuka lahan dengan cara dibakar, karena bisa dipenjara,” pungkasnya. (Oni)

Komentar