Berhasil Raih 5 Kursi Dewan, Gerindra Bakal Tempati Posisi Wakil Ketua 2

SUARA BUNGO – Partai Gerindra Kabupaten Bungo berhasil meraih 5 kursi di empat Dapil di Bungo. Meskipun turun dari posisi Ketua DRPD Bungo, tetapi jumlah kursi malahan bertambah. Dari semula empat kursi, di Pemilu kali ini naik menjadi lima kursi. Data ini bisa dipastikan berdasar data DA1 pleno kecamatan di masing-masing Dapil. Ini diungkap Ketua DPC Gerindra Bungo, Rachmad Fadli.

“Dari data kita. Baik C1 maupun DA1, kita sudah sah dapat 5 kursi di empat Dapil. Hanya dapil IV yang kita belum berhasil meraih kursi. Dapil lainnya, kita alhamdulillah terisi semua,” sebut Rachmad Fadli.

Fadli merinci, lima kursi itu diraih oleh Darwandi di Dapil 1 Bungo dengan jumlah suara partai sebanyak 3.364 dan berhak atas kursi ke-8. Kemudian Jumari Ari Wardoyo di Dapil 2 dengan raihan suara partai sebanyak 5.556 dan berhak atas posisi kursi ketiga. Di Dapil III ini menjadi penyumbang suara terbanyak partai sekaligus menyumbang kursi terbanyak dengan total 7.077 suara partai.

Betapa tidak, Dapil III dengan empat kecamatan itu, Gerindra berhasil membawa dua kader terbaik mereka duduk di kursi dewan. Dedi Hardani berhasil duduk di kursi pertama, kemudian Dedet Jumico berhasil meraih kursi ke-enam. Kemudian di Dapil V, Yazid berhasil menduduki kursi ke-enam dengan total suara partai 3.069 suara.

“Ini data berdasar data DA1. Artinya tidak akan ada perubahan hingga pleno KPU. Seharusnya begitu. Tentu kita akan pertahankan data yang ada dengan kita ini. Kursi yang menjadi hak Gerindra akan terus kita kawal dan pertahankan,” ujar Fadli.

Lebih fokus ke Dapil peraih dua kursi, di Dapil III, Fadli menyebutkan dari data DA1 pleno empat kecamatan, Partai Gerindra berhasil meraih total 7.077 suara. Terdiri dari suara Gerindra di Bungo Dhani sebanyak 1.666 suara, di Kecamatan Muko-muko Bathin VII 3.126 suara, Rantau Pandan berjumlah 1.632 dan Bathin III Ulu sebanyak 653 suara. Dari total suara itu, Partai Gerindra tercatat menjadi partai dengan raihan suara terbanyak di Dapil III Bungo.

Kemudian dari data DA1, suara kedua terbanyak partai di Dapil III diraih Partai Amanat Nasional dengan 2.304 suara dan disusul di suara ketiga terbanyak diraih Golkar dengan 2.285 suara. Dari total 7.077 suara Gerindra, dengan metode bagi sainte lague, maka Partai Gerindra berhak atas kursi juru kunci dengan 2.359 suara dan diraih Dedet Jumico.

Selisih suara partai itu terlihat 55 suara lebih tinggi dari Partai PAN dan 74 suara dari Partai Golkar. Dan dari total suara Gerindra, Dedi Hardani, adik kandung Maidani itu berhasil meraih suara terbanyak dari 5 Caleg lainnya, yakni sebanyak 4.890 suara. Suara terbanyak bukan hanya di Dapil III tetapi suara terbanyak Caleg Gerindra di lima Dapil. (Oni)

Komentar