Revitalisasi Pertanian: Bupati Tanjung Jabung Barat Dorong Penggunaan Lahan Kosong untuk Produksi Pangan

SUARA TANJABBAR – Dorongan untuk mengoptimalkan lahan kosong guna meningkatkan produksi pangan menjadi perhatian utama Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag. Dalam acara Safari Ramadhan di Desa Teluk Pulau Raya Parit Ijab, Kecamatan Seberang Kota. Sabtu (16/3/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri Kapolres Tanjab Barat, Dandim 0419/Tanjab, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kadis PUPR, Kadis P3AP2KB, Dinas Dukcapil, Satpol-PP, Dinas PMD, Baznas, Bank Tanggo Rajo, Kabag Kesra, Kabag Ekonomi, Camat Seberang Kota, para kepala Desa wilayah seberang kota dan masyarakat Desa Teluk Pulau Raya.

Bupati Tanjab Barat mengajak masyarakat untuk bersama-sama memanfaatkan lahan kosong sebagai upaya revitalisasi sektor pertanian di wilayah tersebut.

“Kita sekarang ini kekurangan 10.000 ton beras, dengan bersama-sama memanfaatkan lahan kosong, kita dapat meningkatkan produksi pangan dan mengurangi ketergantungan pada pasokan luar,” ujar Bupati.

“Bibit dan pupuknya akan kita bantu dari pemerintah,” tambah Bupati

Dalam kesempatan tersebut juga Bupati menyampaikan, lebih dari 30 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dialokasikan untuk pembangunan di Kecamatan Seberang Kota, menunjukkan komitmen Pemda Tanjab Barat untuk memajukan wilayah tersebut.

Bupati juga mengingatkan Kepala Desa untuk memperhatikan pengelolaan keuangan desa dalam penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes), dengan memperhatikan alokasi dana untuk kegiatan pembangunan, pemeliharaan infrastruktur, dan pelayanan publik lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat desa.

“Saya mengingatkan kepada aparat Desa terkait anggaran desa, karena setiap kegiatan melalui anggaran tersebut diawasi BPK, menyangkut keuangan ini harus hati-hati. Kita sama-sama mengelola uang rakyat, dana pemerintah. Setiap kegiatan harus ada perencanaan yang matang, sampai kepada azas manfaatnya,” ungkap Bupati.

Dalam konteks kesehatan, Bupati menyampaikan perhatiannya terhadap kasus stunting dan mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengatasi masalah tersebut.

Sementara itu Dandim 0419/Tanjab Letkol Arm Dwi Sutaryo, menghimbau agar masyarakat menjaga kondusifitas wilayah demi terciptanya lingkungan yang nyaman dan aman.

Ia juga menyoroti keadaan Tanjab Barat yang rawan kebakaran, mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga lahan, terutama saat memasuki musim kemarau, dengan tujuan untuk menjaga kesehatan dan memperkuat perekonomian masyarakat.

Dalam kunjungannya safari ramadhan, Bupati dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat hari jadi ke 17 Desa Pulau Raya yang ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng.

Seperti biasa Bupati juga menyerahkan bantuan dana dari Baznas untuk pembangunan Masjid Baiturrahim sebesar 10 juta rupiah, bantuan mushaf Al-Qur’an, paket sembako untuk kaum dhuafa dan anak yatim piatu, serta bantuan dana pembangunan Madrasah sebesar 5 juta rupiah yang disalurkan oleh BPR Tanggo Rajo.(Reza)

Komentar