Puluhan PETI Seputaran Bandara Bungo di Musnahkan Oleh Tim Gabungan TNI-Polri

SUARA BUNGO – Menjelang kedatangan orang nomor satu di Republik Indonesia (RI) ke Kabupaten Bungo, Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di wilayah seputaran Bandara Muara Bungo, dirazia oleh tim gabungan Kodim 0416/Bute, Polres Bungo dan Pemkab Bungo, Kamis sore (28/3/2024).

Di sana, tim gabungan terlihat membakar puluhan rakit dompeng milik pelaku PETI. Sebagian, mesin dompeng juga diangkut untuk diamankan sebagai Barang Bukti (BB).

Dandim 0416/Bute Letkol Inf Arief Widyanto kepada wartawan mengatakan bahwa, razia PETI ini tidak ada kaitannya dengan rencana kunjungan Presiden RI, Joko Widodo ke Kabupaten Bungo pekan depan.

“Sebenarnya ini tidak ada kaitannya, karena memang untuk kegiatan PETI ini merupakan kegiatan ilegal, terutama sekitar wilayah Bandar Udara yang merupakan wilayah objek vital,” ujarnya.

Kata dia, semua mesin dompeng yang ada di seputaran Bandara Muara Bungo akan diupayakan diangkat dan diamankan. Namun, jika tidak memungkin semuanya untuk diangkat, maka akan dibumi dihanguskan.

“Namun upaya pertama yang kita lakukan adalah mengangkat dan mengamankan aset-aset ini, sehingga kita bisa menyaring siapa saja pelaku-pelaku PETI yang selama ini bermain, khusunya di sekitar wilayah bandara Bungo,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Bungo AKBP Singgih Hermawan mengatakan, jika pihaknya sudah memberi himbauan kepada pelaku PETI untuk tidak lagi beraktivitas di wilayah Bandara Muara Bungo.

“Karena sebenarnya wilayah PETI ini mendekati objek vital kita satu-satunya di Kabupaten Bungo, kebanggaan kita bersama, bandara. Karena bandara ini sangat vital untuk alat transportasi. Sementara di sekitar bandara ini banyak kegiatan penambangan tanpa izin,” terangnya.

“Intinya ini (PETI) dilarang. Kami akan melakukan upaya terus menerus, edukasi dan terakhir adalah penindakan terkait pemodal PETI ini,” timpalnya.

Informasi yang beredar dikalangan masyrarakat Sungai Buluh, bahwa sebagian besar pemilik PETI yang beroperasi diseputaran Bandara Muara Bungo itu adalan milik NG, SLM dan BW.

“Peti seputaran Bandara Bungo itu punyo NG sekitar 10 set. Punyo SLM sekitar 12 set, dan punyo BW jugo banyak,” jelas warga yang tidak mau dituliskan namanya.

Untuk diketahui, Presiden RI Joko Widodo dikabarkan akan turun di Bandara Muara Bungo pada Selasa (2/4/2024) mendatang. Agenda kunjungan Presiden Jokowi, selain di Bungo juga ada kunjungan ke beberapa kabupaten di Provinsi Jambi. (Oni)

Komentar