Provinsi Jambi Siapkan Apel Terpadu Pendisiplinan Protokol Kesehatan

72

SUARA JAMBI – Bertempat di Balai Siginjai Bhayangkara Polda Jambi, Pj Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman memimpin Rapat Koordinasi Pelaksanaan Apel Terpadu Gelar Pasukan Pendisiplinan Protokol Kesehatan di Provinsi Jambi, Rabu (3/6/2020).

Rapat ini dihadiri oleh Wakil Walikota Jambi dr. Maulana, perwakilan Forkopimda Provinsi Jambi, OPD terkait lingkup Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Jambi, pengusaha, pemilik retail, asosiasi pedagang, asosiasi restoran dan hotel, dan perwakilan umat beragama. Turut mendampingi Pj.Sekda dalam rapat tersebut Karo Ops Polda Jambi Kombes Pol. Imam Setiawan dan Pasi Intelrem 042/Gapu Mayor Inf. Donny Marasabesy .

Rapat yang berlangsung selama 1,5 jam ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk berdiskusi, menyamakan persepsi dan memperkuat komitmen dari semua unsur dalam penanganan dan pendisiplinan masyarakat menghadapi pandemi Covid-19.

Pada rapat koordinasi ini disepakati bahwa pelaksanaan Apel Terpadu Gelar Pasukan Pendisiplinan Protokol Kesehatan di Provinsi Jambi akan dilaksanakan pada Senin (8/6) pukul 08.00 Wib, di lapangan Kantor Gubernur Jambi.

Apel gabungan ini akan diikuti oleh jajaran pemerintah daerah, TNI/Polri, dan para pelaku ekonomi. Gelaran Apel ini akan tetap mengikuti protokol kesehatan dengan menyediakan fasilitas cuci tangan, membatasi jumlah peserta, dan penerapan jarak fisik antara peserta upacara. Apel akan dipimpin langsung oleh Gubernur Jambi Dr.Drs.Fachrori Umar, M.Hum didampingi oleh Kapolda Jambi dan Danrem 042/Garuda Putih.

Sudirman menjelaskan, apel yang akan digelar tersebut bertujuan untuk mempersiapkan diri dalam rangka penerapan new normal (normal baru) di Provinsi Jambi.

“Gelaran Apel ini dalam rangka bagaimana pemerintah daerah mempersiapkan diri dalam memasuki new normal yang telah didengungkan oleh Pemerintah Pusat, dimana ada 110 kabupaten/kota yang direkomendasikan untuk menjadi pilot project new normal. New normal adalah kehidupan baru yang tetap berpedoman pada protokol Kesehatan, aktivitas masyarakat sudah berjalan, namun dengan rambu-rambu kesehatan,” ujar Sudirman.

Sudirman mengatakan, tujuan dari apel terpadu menjadi sangat penting untuk menyamakan persepsi agar penanganan dan penerapan kedisplinan protokol kesehatan dapat diterapkan di Provinsi Jambi.

“Apel ini juga membangun kembali komitmen dan kesadaran bersama bahwa untuk menangani pandemi Covid-19 ini bukan hanya tugas pemerintah, tetapi juga tugas dan tanggung jawab semua pihak mulai dari pelaku ekonomi, sampai pada masyarakat, agar bersama-sama menerapkan protokol kesehatan sebagai pola hidup yang baru. Diharapkan juga dengan adanya apel ini, juga akan semakin membangun koordinasi dan sinergitas dalam penanganan pandemi Covid-19,” ujar Sudirman.

Karo Ops Polda Jambi Kombes Pol. Imam Setiawan juga menegaskan bahwa tujuan pelaksanaan rapat koordinasi ini adalah menyamakan persepsi dalam penanganan pandemi Covid-19.

“Kita semua harus memiliki satu tujuan yaitu apa saja penanaman nilai-nilai dalam suatu peraturan, dan bagaimana kita semua bisa menerapkan peraturan Kepala Daerah dapat ditegakkan. Dan ini menjadi tanggung jawab bersama, terutama Satpol PP, dan TNI/Pori siap mendukung jika kekuatan dari pemerintah daerah tidak mencukupi. Sebelum pelaksanaan apel gabungan ini, kita semua paham, memiliki persepsi yang sama, dan komitmen yang sama,” ujar Karo Ops. (Zal)

Silahkan Komentar nya Tentang Berita Ini