Pemprov Jambi Rombak 432 Kabinet Demi Terwujudnya Jambi Tuntas

SUARA JAMBI – Pemerintah Provinsi Jambi kembali merombak sebanayak 432 kabinetnya pasca resmi di lantik Fachrori Umar menjabat sebagai Gubernur Jambi, dilapangan belakang kantor Gubernur Jambi, Rabu (20/2/2019).

Ratusan pejabat yang dilantik, di pimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M. Dianto untuk mengisi jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Fungsional di lingkup Pemerintah Provinsi Jambi.

Adapun yang menjalani pelantikan dan pengukuhan berupa 39 OPD, nomenklatur baru dua OPD yaitu Dinas Tanaman Pangan, Peternakan dan Holtikultura serta Dinas Komunikasi dan informatika Provinsi Jambi. Pengisian 40 UPTD dan 52 Tata Usaha (TU) sekolah, 421 orang pejabat struktural, 11 orang pejabat fungsional terdiri dari dokter sebanyak 5 orang, analis kepegawaian sebanyak 1 orang dan pengawas pemerintahan muda sebanyak 5 orang sehingga total 432 orang.

Berdasarkan jumlah tersebut terbagi dalam beberapa kategori yaitu :

Pelantikan ;
Eselon III sebanyak 79 orang
Eselon IV sebanyak 213 orang
TU Sekolah sebanyak 52 orang
Total sebanyak 344 orang

Pengukuhan ;
Eselon II sebanyak 2 orang
Eselon III sebanyak 24 orang
Eselon IV sebanyak 51 orang
Total sebanyak 77 orang

Pemberhentian dari jabatan ;
Eselon III sebanyak 3 orang
Eselon IV sebanyak 4 orang
Total sebanyak 7 orang

Pensiun ;
Eselon III sebanyak 6 orang
Eselon IV sebanyak 13 orang
Total sebanyak 19 orang

Mengundurkan diri ;
Eselon III sebanyak 2 orang
Eselon IV sebanyak 9 orang
Total sebanyak 11 orang

Mutasi ke jabatan fungsional ;
Eselon III sebanyak 2 orang
Eselon IV sebanyak 5 orang
Total sebanyak 7 orang

Usai melantik, Dianto membacakan amanah dari Fachrori Umar dalam rilisnya. Kata Fachrori pelantikan dan pengukuhan jabatan struktural yang dilaksanakan hari ini merupakan kebutuhan untuk memantapkan dan meningkatkan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Jambi. Baik itu pengukuhan pengisian jabatan UPTD serta pengisian jabatan dari yang kosong.

Pengisian jabatan tersebut tentunya Gubernur Jambi sudah mendapatkan masukan dan pertimbangan dari yang menyangkut berbagai kriteria termasuk kemampuan intelektual, kemampuan manajerial dan kemampuan mentaati peraturan yang berlaku.

“Perjalanan visi misi Jambi tuntas sudah memasuki tahun ketiga, oleh karena itu saya meminta kepada saudara-saudara untuk fokus melaksanakan tugas dan bekerja mengejar target-target sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD. Evaluasi target-target yang belum tercapai serta menuntaskan pekerjaan tersebut disisa waktu yang ada,” pesan Fachrori Umar yang disampaikan Sekda.

Demi mencapai target itu semua kata Fachrori maka pejabat harus responsif terhadap dinamika pembangunan. Serta bergerak cepat dan tetap memperhatikan permasalahan yang ada. Dirinya juga meminta agar pejabat Pemprov Jambi bersih dari tindakan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN). Serta selalu memperjuangkan terciptanya pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

Tantangan pembangunan ke depan semakin berat oleh karenanya Fachrori berharap pejabat terus berkoordinasi dan bekerja lebih bersemangat efektif dan efisien serta meningkatkan peluang informasi untuk meningkatkan kapasitas Pemerintah Provinsi Jambi.

“Terpenting adalah bekerjalah dengan penuh keikhlasan bekerja dengan ikhlas akan menghasilkan kontribusi yang optimal dalam membangun Provinsi Jambi ke depan,” kata Fachrori.

Diakhir pesannya, Fachrori menghimbau agar ASN Pemprov Jambi menjaga netralitas, situasi dan kondisi jelang Pemilihan Umum 2019. (Zal)

Komentar