Pemkot Targetkan Bulan Maret Pelaksanaan Musrenbang Selesai

Zulhelmi : Prioritas Pembangunan Masih Tetap Infrastruktur

SUARA SUNGAI PENUH – Untuk mempersiapkan rencana kegiatan dan program pembangunan tahun 2020, pemerintah kota Sungai Penuh menargetkan pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kota pada bulan Maret 2019 sudah selesai dilaksanakan.

Hal tersebut dikatakan Wakil wali kota Sungai Penuh, Zulhelmi, bahwa saat ini sedang dilaksanakan Musrenbang di tingkat Kecamatan. Diharapkan akhir Februari, Musrenbang di 8 Kecamatan sudah tuntas, kemudian dilanjutkan ke tingkat Kota Sungai Penuh.

Baca Juga :  Kejurnas Paralayang & Gantolle TROI Seri 2 Sukses Dilaksanakan di Sungai Penuh

“Musrenbang tingkat Kelurahan sudah dilaksanakan, untuk tingkat desa leading sectornya adalah Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), kemudian dilanjutkan ketingkat kecamatan dan tingkat kota yang akan dikoordinir oleh Bappeda,” bebernya.

Dijelaskannya, jadwal untuk pelaksanaan Musrenbang mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan dan Kota sudah ada, tinggal lagi pelaksanaan pemangku kebijakan di semua tingkatan tersebut. Pada Musrenbang Desa, skala prioritas pembangunan yang bersifat reguler di masing-masing wilayah dapat diajukan untuk dilanjutkan pembahasan di tingkat kecamatan kemudian Kota.

Baca Juga :  Ditengah Pandemi Covid-19, Wako AJB Tuntaskan Persoalan Aset Tuntas dari Pemkab Kerinci

“Meski sudah ada jadwalnya, tapi musrenbang memang sudah dimulai dari awal tahun. Mulai desa, kecamatan, dan sampai ke Bappeda, baru nantinya disesuaikan dengan jumlah anggaran dan kemampuan kita. Mana yang harus jadi skala prioritas, karena banyaknya usulan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Angin Puting Beliung Mengamuk Di Kumun

Sementara itu untuk prioritas pembangunan, masih tetap mengacu kepada pimpinan nasional yakni mengutamakan pembangunan infrastruktur. Dimana, pembangunan nasional ini masih berpedoman dengan program nawacita, dengan mengikuti dan bersinergi bagaimana dengan kebijaksanaan provinsi dan pusat sehingga daerah mengikuti.

“Harapan kita pada bulan Maret nanti, pelaksanaan Musrenbang tingkat Kota Sungai Penuh sudah selesai, kemudian dilanjutkan dengan Musrenbang tingkat provinsi,” pungkasnya. (adv/ndy)

Komentar