oleh

Musim Kemarau, Kerinci di Guyur Hujan Es

SUARA KERINCI – Fenomena alam langka yakni hujan es kembali terjadi di Kabupaten Kerinci, kali ini hujan es terjadi di kaki Gunung Kerinci, Kayu Aro, Rabu (21/08/2019).

Dari informasi yang berhasil dihimpun media ini, hujan es hanya menguyur di sekitar kaki Gunung Kerinci terjadi sekitar jam 15.00 Wib Sore. Kejadian ini juga diposting oleh akun Facebook Rhiceel Askhaal Cell, dalam postingan tersebut pemilik akun menggunggah beberapa video dan photo saat berada dikebunnya yang adadikaki Gunung Kerinci.

Warga lainnya, Ermanelis, mengatakan sebelum hujan turun wilayah Kayu Aro dan sekitarnya sedang dalam musim kemarau.

“Suaranya cukup keras ketika es jatuh ke atas atap. Namun warga tetap gembira, karena tanaman di ladang yang kering mendapatkan air hujan,” ucapnya.

Sementara itu, Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Depati Parbo Kerinci, Mardiansyah, mengatakan hujan es biasanya terjadi di suatu daerah yang sangat lokal.

“Durasinya juga singkat, dengan durasi tujuh sampai 12 menit. Syarat terjadinya hujan es, adalah adanya awan CB,” katanya.

Sama halnya dengan angin puting beliung, yang juga terjadi akibat adanya awan CB.

“Ini terjadi lantaran ada awan CB dengan tinggi dasar awan yang sangat dekat dengan permukaan tanah, dan di bawah awan, suhu udaranya sangat dingin,”ucapnya.

Dengan demikian, awan CB yang merupakan kristal yang mulai jatuh sebagai hujan, akibat dorongan angin kencang dari awan CB tidak sempat mencair.

“Di bawah permukaan awan juga dingin, sehingga butir es tersebut jatuh ke permukaan tanah. Ini terjadi pada musim peralihan, saat ini peralihan musim hujan ke musim kemarau,” katanya lagi.(ndy)

Komentar

Berita Terbaru