Meningkatkan Kualitas Layanan Sosial di Provinsi Jambi

Oleh: Yulfi Alfikri Noer S.IP., M.AP
Tenaga Ahli Gubernur Bidang Tata Kelola
Pemerintahan

Dalam upaya memperkuat kerjasama dan meningkatkan kualitas layanan kesejahteraan sosial di Provinsi Jambi, Kepala Dinas Sosialdukcapil, Drs. M. ARIF BUDIMAN, MH, didampingi oleh Asisten I Provinsi Jambi, Arief Munandar, SE serta OPD terkait, mengadakan rapat strategis di ruang rapat Sekda Provinsi Jambi (20/02/2024). Agenda utama rapat tersebut bertujuan untuk membahas rincian dan strategi pelaksanaan Perjanjian Kerja Sama antara Dinas Sosialdukcapil Provinsi Jambi dengan Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung. Dengan fokus pada pengembangan sumber daya manusia dan penguatan kerjasama antarlembaga, rapat ini menjadi tonggak penting dalam upaya mencapai tujuan bersama untuk kesejahteraan masyarakat Provinsi Jambi. Langkah ini mencerminkan komitmen yang kuat dari berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas layanan kesejahteraan sosial dan memperkuat kerjasama lintas sektor demi kebaikan bersama.

Dalam rapat tersebut, para peserta membahas berbagai aspek terkait kerja sama antara kedua lembaga, termasuk tujuan, ruang lingkup, dan mekanisme pelaksanaan kerja sama. Diskusi juga melibatkan pemikiran tentang bagaimana kerja sama tersebut akan memberikan manfaat bagi pengembangan sumber daya manusia di bidang kesejahteraan sosial, serta bagaimana menciptakan sinergi yang baik antara Pemerintah Provinsi Jambi dan Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung.

Perjanjian kerja sama ini bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia penyelenggara di bidang Kesejahteraan Sosial di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi melalui jalur mahasiswa penerima beasiswa kerjasama Program Pendidikan Sarjana Terapan, Pekerja Sosial, dan Magister Terapan Pekerja Sosial. Tujuan utamanya adalah untuk mengoptimalkan sumber daya manusia Pemerintah Provinsi Jambi dalam penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial.

Adapun ruang lingkup perjanjian kerja sama ini mencakup:
A. Penyelenggaraan Pendidikan melalui Program Sarjana Terapan, yang bertujuan untuk memberikan pendidikan yang relevan dan praktis bagi mahasiswa dalam bidang kesejahteraan sosial, sehingga mereka dapat menjadi tenaga kerja yang kompeten dan siap pakai dalam mendukung penyelenggaraan layanan sosial di Provinsi Jambi.
B. Penyelenggaraan Pendidikan melalui Program Magister Terapan, yang dirancang untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan tenaga kerja sosial yang sudah berpengalaman, sehingga mereka dapat memainkan peran yang lebih strategis dan efektif dalam merumuskan kebijakan dan program kesejahteraan sosial di tingkat provinsi.
C. Pengembangan kapasitas penyelenggara kesejahteraan sosial melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, yang akan dilakukan melalui serangkaian kegiatan yang terencana dan terukur. Hal ini termasuk pelatihan-pelatihan, seminar, penelitian kolaboratif, serta pengabdian kepada masyarakat untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam konteks nyata.
D. Bidang lain yang disepakati oleh kedua belah pihak, yang memberikan fleksibilitas untuk menyesuaikan perjanjian kerja sama dengan perkembangan dan kebutuhan yang muncul di masa depan, sehingga kerjasama ini tetap relevan dan efektif dalam mencapai tujuan bersama untuk kesejahteraan masyarakat Provinsi Jambi.

Selain itu, dalam rapat tersebut juga dibahas mengenai peran serta mahasiswa penerima beasiswa dalam program kerja sama ini, serta upaya-upaya yang akan dilakukan untuk memastikan kesuksesan implementasi program tersebut. Para peserta juga membahas secara rinci mengenai tanggung jawab masing-masing pihak serta evaluasi yang akan dilakukan secara berkala untuk memastikan efektivitas kerja sama ini.

Tidak hanya itu, para peserta juga merumuskan upaya-upaya yang akan dilakukan untuk memastikan kesuksesan implementasi program tersebut. Ini termasuk penyediaan sumber daya yang memadai, pengembangan kurikulum yang relevan, serta pemantauan secara berkala terhadap kemajuan program. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memastikan bahwa program kerja sama ini dapat memberikan manfaat yang optimal bagi semua pihak yang terlibat. Kemudian, para peserta juga sepakat untuk melakukan pemantauan secara berkala terhadap kemajuan program.

Evaluasi rutin akan dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas program, mengidentifikasi tantangan yang mungkin muncul, dan menyesuaikan strategi jika diperlukan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memastikan bahwa program kerja sama ini dapat memberikan manfaat yang optimal bagi semua pihak yang terlibat, termasuk Pemerintah Provinsi Jambi, Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung, mahasiswa penerima beasiswa, dan masyarakat yang akan menjadi manfaat dari kualitas pelayanan kesejahteraan sosial yang lebih baik. Dengan komitmen dan kerjasama yang kuat dari semua pihak, diharapkan program ini dapat menjadi model yang sukses dan berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas layanan kesejahteraan sosial di Provinsi Jambi.

Rapat ini menunjukkan komitmen kuat dari kedua belah pihak untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang kesejahteraan sosial dan memperkuat kerjasama antara lembaga pendidikan dan pemerintah dalam mencapai tujuan bersama untuk kesejahteraan masyarakat Provinsi Jambi. Dengan menggandeng Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung, Pemerintah Provinsi Jambi menegaskan komitmennya untuk terus mengembangkan SDM yang berkualitas dan berkompeten dalam menyediakan layanan kesejahteraan sosial yang lebih baik bagi masyarakat.

Dengan demikian, rapat ini bukan hanya menjadi sebuah forum diskusi, tetapi juga merupakan langkah awal yang sangat penting dalam mengarahkan visi bersama untuk meningkatkan kualitas layanan kesejahteraan sosial di Provinsi Jambi. Implementasi Perjanjian Kerja Sama ini akan menjadi tonggak penting dalam mencapai tujuan bersama untuk kesejahteraan masyarakat Provinsi Jambi. Melalui kerja sama yang erat, sinergi yang baik, dan evaluasi berkala, kita dapat memastikan bahwa program ini tidak hanya memberikan manfaat yang optimal bagi semua pihak yang terlibat, tetapi juga menjadi model yang sukses dan berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas layanan kesejahteraan sosial di wilayah Jambi. Sosdukcapil, Hadir, Mantap.

Komentar