Mendekati Pemilu, Warga Binaan Lapas Kepas IIA Jambi Mendapatkan Sosialisasi

SUARA JAMBI – Bertempat di Aula Lapas kelas IIA Jambi, Jum’at (8/2/2019) RRI Jambi bersama KPU, Bawaslu dan Kejati Jambi gelar Talk Show gerakan pemilih cerdas menjelang pmilihan umum pada 17 April 2019 mendatang.

Terlaksnanya kegiatan Talk Show ini, sangat di apresiasi oleh Kalapas Klas IIA Jambi, Yusran Sa’ad. Menurutnya masih ada warga binaan lapas yang belum memahami tentang kotak suara, dan lain sebagainya.

“Tadi kita lihat dalam kesempatan itu, jujur saja mereka ada yang belum paham, atau belum semua tahu. Mereka saja untuk kotak suara masih ada yang beragam tanggapan, nah oleh karena itu tadi saya sampaikan ke KPU Kota Jambi supaya bisa memberikan transparansi ini kepada warga binaan saya, sehingga bagaimana mereka memilih kotak suaranya ada berapa, dan lain sebagainya,” tuturnya.

Yusran menyebutkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Bawaslu untuk megantisipasi pelanggaran-pepanggaran yang terjadi dalam Pemilu serentak mendatang.

Sementara itu KPU Kota Jambi telah memberikan sosialisasi tentang tata cara menggunakan hak pilih dengan baik dan benar serta sudah mensosialisasikan jumlah calon yang akan bertarung dalam pesta demokrasi nantinya.

“Jadi agenda hari inikan memang KPU diundang dan tadi ada masukan tentu kita akan akomodir. Kita juga memberikan sosialisasi bagaimana tata cara mereka menggunakan hak pilih, selain itu informasi-informasi partai dan jumlah calon ini nanti kita akan siapkan melalui alat peraga,” jelas Yatno sebagai ketua KPU Kota Jambi.

KPU Kota Jambi akan mengandeng Bawaslu dan Dukcapil melalui rapat koordinasi untuk proses DPT data kependudukan warga binaan yang ada berada di Lapas Klas IIA Jambi.

Sementara itu Kasi Penkum Jambi Lexi Patarani menyampaikan pihaknya berharap untuk warga binaan Lapas Jambi jangan sampai terjerat hukuman dalam hal tersebut.

“Kita memberikan pengenalan hukum serta meminimalisir supaya jangan sampai mereka terkena hukuman dalam hal ini,” pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut Kasipenkum Kejati Jambi Lexi Patarani, Ketua KPU Kota Jambi Yatno, Kalapas Klas IIA Jambi Yusran Sa’ad, dan puluhan warga binaan Lapas Jambi. (Zal)

Komentar