Kadis Dukcapil Bungo Hadiri Rapat Koordinasi Nasional di Makasar

Kadis Dukcapil Bungo Menyampaikan Testimoni Proses Pembuatan Dokumen Kependudukan Dengan Sistem Elektronik

SUARA MAKASAR – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bungo menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) bersama Direktorat Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahap I tahun 2019 Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri), di Hotel Four Point by Sheraton Makassar, Kamis (7/2/2019) lalu.

Rakornas tersebut dengan tema, “Dukcapil Go Digital”. Rakornas tersebut juga dihadiri seluruh jajaran Kementerian Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Bupati/Walikota se-Indonesia.

Disdukcapil Bungo salah satu Kabupaten yang terpilih untuk menerapkan Sistem Pelayanan Online.

Baca Juga :  Disdukcapil Bungo Resmi Blokir Data Warga Yang Belum Rekam e-KTP

Kepala Dinas Dukcapil Bungo, Drs.H. Ibnu Hajar, M.Si mengatakan, Dukcapil Bungo bersama 11 kabupaten/kota Provinsi Jambi di percaya sebagai dinas uji coba dalan rangka penerapan sistem pelayanan administrasi elektronik atau berbasis online.

“Dimulai tanda tangan dokumen oleh Kepala dinas, dengan menggunakan elektronik yang berbentuk barcode. Dan itu diikuti dukcapil seluruh indoensia paling lambat diterapkan September 2019,” katanya.

Pada kesempatan itu pula, Disdukcapil Bungo berkesempatan untuk menyampaikan testimoni proses tentang bagaimana pembuatan dokumen kependudukan dengan sistem elektronik.

“Di depan peserta Rakornas kita sampaikan, dan alhamdulillah berjalan dengan baik,” jelasnya.

Baca Juga :  Jumlah TPS di Kota Jambi Terhitung Masih Minim

Lanjutnya, pelayanan berbasis online ini tentunya akan memudahkan warga untuk mengurus semua keperluan administrasinya. Namun, pihaknya tetap melayani warga yang datang ke kantor Dukcapil nantinya.

“Kita sudah tes, sudah bisa membuat dokumen kartu keluarga dan akta kelahiran dan akta kematian, hanya saja kita lagi memperiapkan tenaga ahli dan mempelajari sistem aplikasinya,” jelas Ibnu Hajar.

Untuk kelancaran proses tersebut, pihaknya tengah mempersiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan perangkat serta peralatan lainnya. Supaya nantinya tidak ada kendala dalam proses pengurusan dokumen.

“Kemungkinan minggu depan akan kita terapkan penandatanganan dokumen via online. Sekaarang kami lagi mempersiapkan tim bersama staf untuk proses pengoperasian aplikasinya,” jelasnya lagi.

Baca Juga :  Nilwan: Program Penanggulangan Kemiskinan Dipercepat

“Kalau semuanya sudah siap, maka akan kita sampaikan informasi ini kepada masyarakat Kabupaten Bungo melalui sosialisasi,” lanjutnya lagi.

Ibnu Hajar berharap peluncuruan “Dukcapil Go Digital” dapat memberikan kemudahan serta pelayanan prima kepada masyarakat Kabupaten Bungo.

“Masyarakat juga boleh langsung datang ke kantor, maupun dari rumah juga bisa disampaikan kepada kami melalui aplikasi. Nanti semua dokumen kita cek terlebih dahulu, kalau udah ok, maka akan kita sampaikan kepada orang yang bersangkutan,” pungkasnya. (Oni)

Komentar