oleh

Catat, Ini 73 Titik Kawasan Rawan Bencana di Bungo

SUARA BUNGO – Intensitas curah hujan tinggi di wilayah Kabupaten Bungo beberapa hari terakhir menyebabkan beberapa batang sungai meluap hingga menyebabkan banjir.

Diprediksi dari BMKG, Wilayah Kabupaten Bungo akan mengalami curah hujan normal dan cenderung meningkat dari November hingga akhir Desember.

Menanggapi hal tersebut, Kepala BPBD Kesbangpol Bungo, Tobroni Yusuf meminta kepada masyarakat yang berada di bantaran sungai atau di kawasan rendah untuk melakukan antisipasi terhadap ancaman banjir.

Pasalnya, beberapa pemukiman penduduk di wilayah aliran Sungai Batang Bungo sudah terendam banjir dengan kedalaman mencapai 2 meter.

“Wilayah Kabupaten Bungo ada sebanyak 73 titik di Dusun dan Kelurahan yang rawan terjadinya banjir,”ungkap Tobroni.

Ia menyebut 73 titik tersebut terdiri dari beberapa Dusun dan Kelurahan di 15 Kecamatan, yakni Kecamatan Pasar Muara Bungo di Kelurahan Jaya Setia, Tanjung Gedang, Bungo Timur dan Batang Bungo. Kecamatan Bathin III di Kelurahan Purwobakti, Bungo Taman Agung, Air Gemuruh dan Manggis.

Sedangkan Kecamatan Tanah Sepenggal di Dusun Candi, Tanah Bekali, Empelu dan Tenam. Kecamatan Muko-Muko Bathin VII di Dusun Suka Jaya, Mangun Jayo, Pekan Jumat, Tebat, Baru Pusat Jalo, Datar, Tebing Tinggi dan Bedaro. Kecamatan Tanah Tumbuh di Dusun Bukit Kemang, Koto Jayo, Lubuk Niur, Panjang, Pedukun, Rambah, Renah Jelmu, Tebing Tinggi Uleh dan Teluk Kecimbung.

Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang di Dusun Renah Sungai Besar, Renah Sungai Ipuh, Muara Tebo Pandak, Baru Lubuk Mengkuang, Lubuk Tanah Terban, Tuo Limbur dan Pauh Agung. Kecamatan Pelepat di Dusun Batu Kerbau, Baru Pelepat, Rantel, Sungai Beringin dan Rantau Keloyang. Kecamatan Pelepat Ilir di Dusun Danau, Koto Jayo, Lubuk, Muara Kuamang dan Padang Palangeh.

Kecamatan Bathin III Ulu di Dusun Muara Buat, Laman Panjang, Lubuk Beringin, Karak dan Timbolasi. Kecamatan Bathin II Babeko di Dusun Tanjung Menanti, Babeko, Sepunggur dan Tuo Sepunggur. Kecamatan Bungo Dani di Dusun Sungai Arang, Talang Pantai dan Sungai Pinang. Kecamatan Rantau Pandan di Dusun Rantau Duku, Lubuk Kayu Aro dan Leban.

Untuk Kecamatan Jujuhan di Dusun Jumbak, Pulau Jelmu, Rantau Ikil, Rantau Panjang, Sirih Sekapur, Tanjung Belit dan Ujung Tanjung. Kecamatan Tanah Sepenggal di Dusun Tanah Periuk dan Lubuk Landai. Kecamatan Jujuhan Ilir di Dusun Pulau Batu, Aur Gading dan Tepian Danto.

Tobroni Yusuf juga menyebutkan bahwa pihak BPBD terus siaga untuk melakukan pertolongan terhadap masyarakat yang terkena dampak bencana alam.

Ia juga akan segera melakukan koordinasi kepada seluruh camat untuk diteruskan kepada Rio (Kades) dalam memberikan informasi bahaya bencana kepada masyarakat agar mampu melakukan antisipasi secepat mungkin.

“Kita terus siaga dan menurunkan anggota jika terjadi bencana alam,” tegasnya. (Oni)

Komentar

Berita Terbaru