Bupati Anwar Sadat: Pelatihan Membatik Tingkatkan Keterampilan dan Wirausaha di Tanjabbar

SUARA TANJABBAR – Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. Anwar Sadat, M.Ag, mengungkapkan bahwa pelatihan membatik berbasis kewirausahaan merupakan langkah strategis untuk menciptakan tenaga kerja yang kompeten dan bermental wirausaha.

Hal itu disampaikan Bupati saat membuka pelatihan membatik oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tanjung Jabung Barat di Aula Kantor Desa Sungai Landak. Senin (3/6/2024).

“Pelatihan berbasis kewirausahaan membatik ini dirancang untuk menghasilkan tenaga kerja yang kompeten, terampil, dan bermental wirausaha. Selain itu, ini juga berperan penting dalam melestarikan budaya dan meningkatkan kreativitas masyarakat, khususnya di Desa Sungai Landak,” kata Bupati.

Menurut Bupati, program ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kerja, tetapi juga untuk memperluas kesempatan kerja dan menciptakan lapangan pekerjaan baru.

“Pelatihan keterampilan untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan wirausahawan dapat dimaknai sebagai upaya pemberian kemampuan kepada masyarakat yang membutuhkan sebagai bekal untuk bekerja dan berwirausaha,” tambahnya.

Bupati juga berharap melalui pelatihan ini dapat terbentuk kampung batik di Kecamatan Senyerang yang akan menjadi pusat ekonomi baru bagi masyarakat setempat.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Eko Suwello, mengatakan tujuan pelatihan ini adalah untuk mengurangi angka pengangguran serta meningkatkan pemerataan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.(Reza)

Komentar