Bawaslu Kerinci Awasi Penyerahan Beasiswa Program Indonesia Pintar

165

SUARA KERINCI – Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kabupaten Kerinci, Terus Melakukan Pengawasan terhadap Kegiatan Penyaluran dana Beasiswa dari Program Indonesia Pintar (PIP) oleh Pimpinan Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra di beberapa sekolah dalam Kabupaten Kerinci.

Bahkan, Bawaslu juga akan melakukan pengawasan secara ketat proses penyerahannya, hal ini dilakukan guna menghindari pemanfaatan program pemerintah untuk kampanye, karena Sutan Adil Hendra merupakan caleg yang kembali maju untuk caleg DPR RI dari dapil Provinsi Jambi.

Pimpinan Bawaslu Kerinci, Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Antar Lembaga, Jatra Permana menegaskan, bahwa sejak awal pihaknya sudah menugaskan masing-masing panwaslu kecamatan untuk melakukan pengawasan terhadap penyerahan dana beasiswa PIP di Kabupaten Kerinci.

“Untuk penyerahan program beasiswa tahap pertama telah dilaksanakan di SMP negeri 5 Kerinci yang bertempat di Siulak, yang diserahkan langsung oleh Sutan Adil Hendra dan berjalan dengan aman serta telah sesuai aturan,” terang Jatra.

Jatra menyebutkan, selain di SMPN 5 Kerinci, kegiatan penyerahan dana beasiswa PIP tersebut juga dilakukan di beberapa lokasi lainnya di kabupaten Kerinci, yakni pada tanggal 31 januari di SMPN 1 Kerinci di Semurup dan SMAN 12 Gunung Kerinci.

Kemudian untuk tanggal 2 februari dilakukan di SMK 4 Kerinci di Kayu Aro dan pada tanggal 4 februari di SMPN 18 Kerinci di Batang Merangin.

“Penyerahan Beasiswa Program Indonesia Pintar di Sekolah-sekolah dalam Kabupaten Kerinci telah dilaksanakan dari tanggal 29 januari hingga 4 februari, berhubungan saat ini sudah memasuki tahapan kampanye maka kami pihak bawaslu memastikan kegiatan ini terbebas dari kampanye,” ujar Jatra.

Untuk fokus pengawasan dari pihak Bawaslu yaitu Alat Peraga Kampanye dan penyampaian yang bersifat mengajak atau kampanye. Selain itu, pihaknya juga menyampaikan ke pihak sekolah guna melakukan pencegahan terlebih dahulu agar tidak terjadi pelanggaran. (ndy)

Silahkan Komentar nya Tentang Berita Ini