Gerindra Diprediksi Jadi Ketua DPRD Bungo, Ini 35 Nama Yang Bakal Duduk Dikursi DPRD Bungo

6785

SUARA BUNGO – Kekuatan pertarungan Partai Politik yang ikut dalam kontestasi Pemilihan Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD kabupaten Bungo pada 17 April yang lalu benar-benar merata.

Jika dilihat dari capaian masing-masing Partai berdasarkan hasil pleno rekapitulasi perolehan suara di tingkat kecamatan yang telah dilaksanakan sebanyak 14 dari 17 kecamatan di kabupaten Bungo, tidak ada partai yang benar-benar mendominasi.

Dengan penerapan sistem bagi ganjil, hampir dipastikan tidak ada satupun partai yang sanggup untuk meraih kursi melebihi dari jumlah Dapil, yakni 4 dapil. Empat kursi adalah perolehan tertinggi untuk Pileg DPRD Bungo meski ada dua partai yang mendulang suara yang cukup signifikan didapil 2 dan dapil 3.

Menurut Budi, pengamat Pileg Bungo, dari hasil perhitungan sementara berdasarkan hasil pleno di tingkat kecamatan yang telah dikumpulkannya, untuk Pileg 2019 ini katanya tidak ada partai yang mendominasi seperti Pileg didua periode sebelumnya yang bisa mencapai 5 dan 6 kursi se Kabupaten Bungo.

“Pileg kali ini pembagiannya dengan sistem bagi ganjil, sangat sulit untuk meraih kursi lebih dari satu per dapil, meskipun raihan suara secara keseluruhan partai Gerindra cukup tinggi dan diperkirakan paling tinggi dari partai lainnya se kabupaten Bungo,” ungkap Budi.

Berdasarkan data yang telah dikumpulkannya, hingga Senin siang (29/4/2019), ada tiga kecamatan yang lagi pleno kecamatan yakni, Bungo Dani (Dapil IV), kecamatan Rimbo Tengah (Dapil I) dan kecamatan Tanah Sepenggal Lintas (Dapil III) masih terus melaksanakan proses pleno kecamatannya.

Dengan telah usainya 14 kecamatan menggelar Pleno, kini perolehan suara dan nama-nama calon anggota legislatif (Caleg) yang bakal mengisi 35 kursi DPRD Bungo mulai terlihat dan hampir dipastikan akan duduk.

Ini 35 Nama Bakal Duduk Dikursi DPRD Kabupaten Bungo Periode 2019-2024 :

Untuk Daerah Pemilihan (Dapil I)

Meliputi kecamatan Pasar Muara Bungo, Rimbo Tengah, Bathin III dan Bathin II Babeko, sebanyak (9 Kursi) berdasarkan perolehan suara sudah hampir pasti sudah terisi.

1. Herman (NasDem)
2. Darwandi (Gerindra)
3. Andri Sanusi (PAN)
4. Sugini (PKS)
5. Rosamala Dewi (PKB)
6. Desmiati (PPP)
7. H. Syaiful Acik Bilal (Demokrat)
8. Gusriyandi Rifa’i/Abd Gafar (PDIP)
9. Marwansyah Siregar (Berkarya).

Untuk (Dapil II)

Meliputi Kecamatan Pelepat dan Pelepat ilir memiliki jatah (8 Kursi) Diantaranya :

1. Jumari (Ari Wardoyo) (Gerindra)
2. Sumaryono (Golkar)
3. Martunis (PAN)
4. Ahmadi (PDIP)
5. Sugiono (PKS)
6. Leni Elvira (Demokrat)
7. Hamdan (NasDem)
8. Rozali (Hanura).

Untuk (Dapil III)

Dengan jatah terbanyak, yakni (12 kursi) sudah didapatkan nama-nama peraih suara terbanyak berdasarkan Pleno di tingkat kecamatan, meskipun masih menyisakan kecamatan Tanah Sepenggal Lintas yang masih dalam proses pleno. Diantara nama-namanya yakni :

1. Jumiwan Aguza (NasDem)
2. Ridwan (Hanura)
3. Hambali (Gerindra)
4. Alfian/Hendri Novriza (PAN)
5. Abdul Qodir (Demokrat)
6. Yahya (PPP)
7. Syaiful Bahri (PKB)
8. Dharmawan (PKS)
9. Al Jufri (PDIP)
10. Djusri Ramli (Berkarya)
11. Masri (PBB)
12. Frida (Perindo).

Sementara untuk (Dapil IV)

Sebanyak (6 kursi) ang meliputi kecamatan Bungo Dani, Muko-Muko Bathin VII, Rantau Pandan dan Bathin III Ulu, adapun nama-nama peraih suara terbanyakpun sudah terlihat dan hampir bisa dikatakan tidak akan bergeser lagi.

1. Dedet Jumico (Gerindra)
2. Marhoni Suganda (NasDem)
3. Rosihan Anwar (PAN)
4. Hozin (PKS)
5. Asnadi (Hanura)
6. H. Kholil (PKB).

Penulis : Ari Satria
Editor : Azroni

Silahkan Komentar nya Tentang Berita Ini